Paus Pilot Ditemukan Mati di Pantai Penimbangan

Singaraja, koranbuleleng.com| Seekor Paus Pilot ditemukan terdampar di Kawasan Pantai Penimbangan Desa Baktiseraga Kecamatan Buleleng.Mamalia laut itu diduga sudah mati selama dua hari.

Bangkai mamalia laut dengan nama latin Globicephala Macrorhynchus itu pertama kalinya ditemukan oleh Gede Wiadnyana, anggota kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari. Bangkai itu ditemukan berada bibir pantai. Dari temuan itu, Ia kemudian meminta bantuan beberapa rekannya untuk memindahkan bangkai ke daratan kering.

- Advertisement -

“Itu saya temukan sekitar jam 7 pagi. Dan memang di tubuh paus itu banyak luka-luka, mungkin karena terserang predator,” ujarnya.

Temuan bangkai paus pilot itu kemudian dilakukan pemeriksaan luar oleh Tim dari Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja. Pemeriksaan luar dilakukan dengan melakukan pengukuran, identifikasi luka, termasuk mencari penyebab kematian.

Hasilnya, Paus tersebut diketahui berkelamin jantan dengan panjang mencapai 2,39 meter dan lingkar mencapai 116 centimeter, dan berat lebih dari 100 kilogram. Dengan melihat kondisi daging dari Paus tersebut, mamalia ini diduga sudah mati selama dua hari.

“Ini lubang seperti luka ini sepertinya karena dimakan olah ikan-ikan kecil. Kalau untuk mencari enyebab kematiannya, nanti sore kami akan menunggu FKH Universitas Udayana (Unud) yang akan datang kemari,” jelas Dosen Perikanan dan Kelautan Undiksha Gede Iwan Setiabudi.

- Advertisement -

Menurutnya, perairan laut Kabupaten Buleleng memang menjadi habitat dari Paus Pilot. Karena perairan Pantai Bali Utara beriklim tropis. Biasanya, Paus yang sudah memasuki fase kritis atau langka ini pergerakannya bersama lumba-lumba.

Sementara terkait dengan Bangkai Paus pilot tersebut, kata Iwan Setiabudi, sesuai dengan panduan megafauna terdampar oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), ada tiga perlakukan yang bisa dilakukan, mulai dari ditenggelamkan, dikubur, atau dibakar.

“Kalau saya rekomedasikan untuk ditenggelamkan, agar dagingnya menjadi sumber nurtisi kehidupan biota laut,” ucapnya. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts