Pelatihan Pajak Penting Bagi Pengurus BUMDesa

Singaraja, koranbuleleng.com |Sejumlah pengurus BUMDes mengikuti pelatihan tentang perpajakan agar pembuatan laporan perpajakan sesuai dengan ketentuan dan bisa dipertanggungjawabkan di gedung  Pelatihan digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng di gedung unit IV kantor Bupati Buleleng, Rabu 23 Oktober 2019. 

“Kita ingin pengurus BUMDesa bisa membuat buku bank, buku kas,neraca dan sebagainya,” ucap Made Subur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Pelatihan ini akan memberikan wawasan kepad apengurus tentang teknis perpajakan mulai dari perihal pemotongan pajak yang dilakukan masing-masing BUMDesa.

Selain itu, dalam penguatan BUMDesa pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Panji Sakti Singaraja dalam pedampingan penguatan hukum, tentang ilmu akuntansi  serta perpajakan.

“Sehingga dikemudian hari pengurus BUMDes tidak lagi menjawab dengan kata tidak tahu” ucapnya.

Sementara itu tim penyuluh Kantor Pelayanan Pajak Singaraja, Gede Ery Patra Taroyana,SE mengatakanpelatihan ini memberikan pemahaman tentang sistem dan pelaporan pajak BUMDesa.

- Advertisement -

”Bagaimana cara melapor pajak, mengisi formulir seperti apa, menghitung pajaknya dan apa saja yang dibutuhkan terkait SPT tahunan” jelasnya.

Pelatihan perpajakan BUMDesa ini dilaksanakan dalam dua angkatan terbagi selama dua hari (22 Oktober sampai 23 Oktober 2019) serta diikuti oleh 100 pengurus BUMDesa terdiri dari perwakilan dari unsur Ketua dan Bendahara. |R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts