Bali Giat Wujudkan Bebas Stunting

Denpasar, koranbuleleng.com | Pemerintah Provinsi Bali sedang berupaya agar Bali bebas dari stunting. Selama ini, stunting telah menjadi perhatian serius dari pemerintah.

Permasalahan Stunting bukan hanya tentang seorang anak yang bermasalah dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan standar sesuai seusianya, namun stunting mengancam intelektualitas anak dan menghambat pertumbuhan otak generasi emas bangsa.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Nyonya Putri Koster menjelaskan meskipun angka stunting di Bali lebih rendah dari nasional, bukan berarti upaya penanganan dan pencegahan stunting di Bali terhenti begitu saja.

- Advertisement -

Pencegahan dan penanganan stunting tidak bisa hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah semata, perlu sinergitas dan kerja sama semua pihak termasuk di dalamnya masyarakat hingga tingkat keluarga untuk bersama sama berupaya menurunkan angka stunting hingga ke titik nol.

Dalam upaya menurunkan angka stunting, sosialisasi baik upaya pencegahan dan penanganan stunting amat penting. Masyarakat perlu mendapatkan informasi yang benar dan tepat terkait pencegahan stunting, apa sebenarnya stunting, apa faktor penyebabnya dan bagaimana penanganannya.

“Sosialisasi sampai ke tingkat keluarga sangat penting mengenai pencegahan dan penanganan stunting. Semua pihak harus bersinergi, lakukan kewajiban sesuai tupoksi masing masing. PKK gencarkan sosialisai melalui Pokja, Dinas Kesehatan juga gencar lakukan sosialisasi penanganan. Semua pihak bersinergi untuk wujudkan Bali bebas stunting,” ujar Putri dalam Dialog Forum Koordinasi Kehumasan, Selasa 26 Nopember 2019.

Dialog itu mengangkat tema Diseminasi Informasi Dalam Rangka Percepatan Penanggulangan Stunting di Bali, di Ruang Sandat Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali.
.
Putri menambahkan media juga punya peran yang penting dalam upaya untuk menyosialisasikan upaya membebaskan Bali dari stunting. Media diharapkan semakin gencar dalam mengedukasi masyarakat dengan menyajikan pemberitaan stunting dan informasi yang tepat dan benar  terkait stunting ke tengah masyarakat.

Dengan kerja sama yang mencakup semua lini ini, maka diharapkan masyarakat akan mendapatkan informasi yang benar, baik dalam upaya pencegahan maupun penanganan stunting di Bali.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi , Informatika dan Statistik Provinsi Bali  I Nyoman Sujaya dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya sosialisasi untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang apa itu stunting dan bagaimana pencegahannya juga memegang peranan penting dalam penanganan stunting. Untuk mendorong percepatan penanganan stunting diperlukan penyebar luasan informasi yang melibatkan semua pihak termasuk di dalamnya forum kehumasan.

” Dengan dukungan semua pihak, kami yakin stunting di Bali akan turun bahkan tidak ada ,” tuturnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts