Dekranasda Bali Ingin Kembalikan Penanaman Kapas

Denpasar, koranbuleleng.com | Ketua Dekranasda Bali, Nyonya Putri Suastini Koster meningktakan stok bahan baku dari hulu ke hilir dengan menggalakkan penanaman kapas sebagai bahan baku benang da pemintalan benang.

Selama ini, ketersediaan bahan baku untuk tenun menjadi salah satu faktor berkurangnya produksi tenun di Bali. Padahal, tenun adalah salah satu warisan budaya dari leluhuryangharus dilestarikan.

- Advertisement -

“Pembinaan tidak hanya kita lakukan di tingkat hilir, di hulu juga harus menjadi perhatian. Penyediaan bahan baku tenun sangat penting, di samping pameran dan pembinaan bagi pengrajin dan desainer,”  kata Putri Koster usai menerima kunjungan kerja dari Dekranasda Jawa Barat Ny. Atalia Praratya Ridwan Kamil, di Jayasabha, Denpasar, Rabu 18 Desember 2019.

Putri menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan kerajinan tenun yang sangat beragam. Hampir semua kabupaten/kota di Bali memiliki tenun khas dengan ciri khas daerahnya masing masing. Keberadaan tenun tradisional tersebut menurutnya perlu dijaga  terus kelestariannya.  

“Mengingat tenun adalah warisan budaya dari nenek moyang kita yang adiluhung yang harus kita jaga bersama kelestariannya,” ujarnya.

Ny. Putri Koster juga menyampaikan bahwasannya keberadaan Dekranasda memegang peran penting dalam upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan yang bernilai budaya menjadi produk bernilai ekonomi yang mengangkat harkat dan martabat pengrajin.

“Dekranasda adalah sayap yang nantinya akan menerbangkan hasil kerajinan, memperkenalkan, mensosialisasikan dan mempromosikan  produk-produk kerajinan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ny. Atalia Praratya Ridwan Kamil menyampaikan Bali dan Jawa Barat juga memilki banyak produk kerajinan mulai dari logam, kain batik, kain sarung , bordir sutra hingga batu alam. Namun semua potensi yang ada belum terkelola dengan baik dan terfokus.

Untuk itu pihaknya ingin mempelajari upaya yang telah dilakukan Dekranasda Provinsi Bali, tidak hanya dalam upaya melestarikan kerajinan tetapi juga mengangkat kerajinan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts