Disdukcapil Buleleng Luncurkan Layanan Tri Datu

Singaraja, koranbulelengcom |Dinas Kependudukan Catatan Sipil meluncurkan layanan Tri Datu untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan. Layanan ini baru diujicoba dan akan resmi dijalankan pada Januari 2020.

Sebelumnya, untuk pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dilakukan perjenis dokumen kependudukan. Sekarang, dengan pelayanan Tri Datu, masyarakat dapat mengurus dokumennya pada satu loket, tidak perlu lagi pindah loket, mereka akan mendapatkan semua dokumen yang dibutuhkan.

- Advertisement -

Kepala Disdukcapil Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos menjelaskan pelayanan Tri Datu ini adalah penyederhanaan sistem pelayananan, sistem ini mampu melayani  warga yang mengurus tiga urusan dokumen kependudukan dalam satu loket.  Sederhananya, apabila masyarakat mengurus akta perkawinan, bukan hanya akta perkawinan yang didapatkan namun juga mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP Elektronik ( KTP el ) atau Surat Keterangan Pengganti KTP el.  

Masing-masing akan mendapatkan keseluruhan tujuh dokumen yaitu dua kutipan akta perkawinan, KK mempelai, KK orang tua mempelai laki-laki, KK orang tua mempelai perempuan, dan dua KTP el atau surat keterangan pengganti KTP el dengan perubahan status.

“Kita buatkan brand Inovasi TRI DATU yaitu tiga jenis dokumen didapatkan dalam satu urusan,” jelasnya.

Lebih lanjut Reika Nurhaeni  mengatakan jumlah jenis dokumen yang didapatkan tidak harus tiga. Ini tergantung dari apa yang diurus oleh masyarakat . Ada masyarakat nantinya yang mendapatkan dua dokumen ataupun satu dokumen.  

- Advertisement -

“Tidak harus mengurus ketiganya, tergantung masyarakat mau mengurus yang mana” imbuhnya. 

Reika Nurhaeni menambahkan Sistem Tri Datu ini akan diterapkan secara bertahap, tidak hanya dari perangkat lunaknya saja, melainkan operator yang menjalankan sistem.

Coaching clinic sudah dilakukan beberapa kali, dan sangat penting mengingat semua loket ataupun operator bisa harus bisa mengurus seluruh dokumen kependudukan,” ungkapnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts