Sekolah Jadi Ruang Isolasi untuk PMI

Singaraja, koranbuleleng.com| Beberapa wilayah di Buleleng, telah menyiapkan ruang isolasi bagi pekerja migran Indonesia (MI) yang akan pulang kampung setelah bekerja di luar negeri.

Di kecamatan Buleleng, memanfaatkan gedung SDN 1 Banjar Jawa menjadi ruang isolasi. Gedung ini dipersipakan untuk menampung PMI dari 17 Kelurahan. Namun sejauh ini masih darurat.  Rencananya, sekolah itu disiapkan untuk menampung 18 PMI yang akan tiba di Buleleng.

- Advertisement -

Bangku-bangku sekolah digunakan sebagai alas tempat tidur. Pihak Kecamatan juga menyiapkan satu jemuran dan kipas angin untuk satu orang, termasuk menyiapkan dispenser untuk masing-masing orang.  Dihari pertama, sekolah tersebut sudah menerima lima orang PMI, yakni empat orang laki-laki dan seorang perempuan.

“Nanti juga di satu ruangan ini ada TV dan wifi, biar mereka tidak bosan. Untuk dipan, karena masih darurat ya terpaksa pakai meja belajar ini saja dulu,” ujar Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara.

Menurut Dody, pihak Kecamatan sudah menyiapkan agenda yang harus diikuti oleh PMI yang menjalani isolasi di sekolah tersebut. Agenda itu berupa kegiatan senam setiap pagi. Pihak Kecamatan juga menyiapkan fasilitas olahraga lainnya berupa perlengkapan olahraga tenis meja dan juga papan catur.

“Kami hanya memfasilitasi kelurahan saja. Sementara kami siapkan satu sekolah ini dulu, nanti bertahap kami tambah lagi. Kalau untuk Desa, sudah mulai menyiapkan masing-masing,” jelasnya.

- Advertisement -

Sementara itu, berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng, diperkirakan masih akan ada 362 orang pekerja migrant yang akan datang ke Buleleng dalam kurun waktu dua pekan kedepan.

Mereka rencananya akan ditempatkan dalam ruang isolasi mandiri yang disiapkan Pemerintah, sesuai dengan Surat Edaran Nomor 140/226/SE/DPMD/2020 tanggal 10 April 2020 tentang Penyediaan Tempat Isolasi Khusus Bagi Warga Masyarakat Desa yang Baru Datang Dari Luar Negeri atau Daerah Transmisi Lokal di Indonesia.

Sementara beberapa desa di Buleleng juga menyiapkan ruang isolasi bekerja sama dengan sejumlah hotel dan villa sera home stay. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts