Manfaatkan Lahan untuk Ketahanan Pangan

Kepala Bagian Prokom Buleleng, Ketut Suwarmawan |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com |  Sebanyak 15 unit bibit terong dan 10 unit bibit cabai ditanam untuk memanfaatkan  lahan di areal perkebunan kantor Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Buleleng, Jumat 19 Juni 2020. Walaupun sedikit, namun upaya ini untuk membudidayakan lahan yang terbatas dengan tanaman yang banyak manfaat untuk ketahanan pangan.  Bibit Cabe dan terong tersebut bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Bagian Prokom Buleleng, Ketut Suwarmawan, mengatakan ditengah pandemi seperti ini, setiap orang atau kelompok harus bisa memanfaatkan waktu untuk menciptakan hal-hal yang dapat membantu keberlangsungan hidup, diluar pekerjaan.

Seperti penanaman bibit sayur, buah, ataupun tanaman-tanaman bermanfaat lainnya. Itu secara langsung dapat membantu meringankan beban keuangan terkait dengan pemenuhan kebutuhan pokok.

“Di lingkungan masyarakat bisa melakukan penanaman di pekarangan rumah, dan kami pun bisa melakukannya di lingkungan kantor. Lahan sekecil apapun dapat dimanfaatkan. Mudah-mudahan ini dapat menggetoktularkan kepada rekan-rekan dan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ini merupakan langkah awal, selanjutnya Prokom Buleleng akan melanjutkan penanaman kembali dengan jenis tanaman yang sama. Jumlahnya pun tetap sebanyak 25 bibit tanaman. Sehingga total keseluruhan tanaman cabai dan terong tersebut berjumlah 50 bibit tanaman.

- Advertisement -

Lahan-lahan kosong di sekeliling kantor Prokom Buleleng akan diciptakan menjadi lahan yang produktif. Nantinya jika sudah saatnya panen, bisa dibagikan kepada staf, ataupun dibagikan kepada yang membutuhkan bila memungkinkan.

“Mari tetap beraktivitas dan berkreatifitas ditengah pandemi ini agar produktifitas tetap stabil. Menanam tanaman yang bermanfaat secara tidak langsung akan membantu banyak hal seperti  penghijauan lingkungan, menambah volume oksigen, serta lingkungan bersih dan sehat dapat kita nikmati ketika melakukan pekerjaan di kantor,” jelas mantan Kasubbag Protokol ini. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts