Bupati Buleleng Rancang Strategi Buah Lokal Tembus Hotel di Bali Selatan

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana sedang gencar melakukan kampanye mencintai dan menggunakan buah lokal Buleleng untukkebutuhan sarana upacara hingga pariwisata |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana siap membawa hasil perkebunan buah-0buahan asli Buleleng menembus pasar pariwisata di Kabupaten Badung, termasuk hotel-hotel di wilayah Badung dan Denpasar. Menurutnya, potensi buah-buahan di Buleleng sangat tinggi dan pasti mampu terdistribusi ke seluruh Bali.

- Advertisement -

Itu secara bisnis. Menjelang perayaan hari raya suci di Bali, Agus Suradnyana mengajak masyarakat Buleleng untuk ikut menggunakan buah lokal dalam sarana banten pada saat hari raya agama hindu. Hal ini dilakukan untuk menyerap buah lokal sehingga dapat mensejahterakan petani Buleleng.

Kampanye untuk menggunakan buah lokal dilkaukan Agus Suradnyana dengan mengajak para Bendesa Adat, Perbekel Desa Panji, dan masyarakat menggunakan buah lokal untuk sarana banten.

Selama ini, peminat buah lokal masih minim, sehingga penyerapan buah lokal kurang maksimal. Bukan hanya pada sarana ritual agama hindu, Bupati Suradnyana juga inginkan hotel dan restoran menuguhkan buah lokal untuk pengunjungnya.

Bupati Suradnyana telah mengintruksikan agar instansi terkait untuk memberikan pemahaman kepada petani bisa menghasilkan kualitas buah yang baik.

- Advertisement -

“Petani buah harus bisa menghasilkan buah yang berkualitas baik,mulai dari cara penanaman, pemupukan dan panen yang sudah cukup usia. Sehingga peminat buah lokal meningkat dan harga dipasaran pun baik,” ucap BUpati saat berkunjung ke Desa Panji, Kecamatan Sukasada beberapa hari lalu.

Bupati yang akrab disapa PAS ini mendorong Perbekel dan Bendesa Adat di Buleleng untuk ikut mengkampanyekan buah lokal kepada masyarakat.

“Saya minta untuk pak Camat dan ketua Forkom untuk mengundang perbekel dan Desa Adat untuk memberikan pemahaman. Ini untuk kesejahteraan petani kita,” lanjutnya.

Rencana agar buah Buleleng bisa tembus ke hotel-hote di Badung, Agus Suradnyana akan mencoba bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung untuk penyerapan buah lokal Buleleng. Kedepannya, pihaknya ingin buah lokal Buleleng bisa masuk ke hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Badung.

“Jika Bupati Badung setuju, kita tinggal memperbaiki kualitas produksinya saja,” imbuhnya.

Bukan sampai disitu, Bupati Suradnyana merencanakan pemasaran buah Buleleng bisa masuk ke seluruh Bali. Ia mengaku, Pihaknya sudah menyiapkan rencana untuk menyelenggarakan pasar Buah di Provinsi Bali.

“Tahun depan saya akan minta kepada Gubernur Bali I Wayan koster untuk meminjam tempat di Lapangan Renon untuk membuat pameran buah asli Buleleng yang berkualitas,” katanya.

Dirinya berharap, semua pihak bisa ikut mensukseskan program tersebut sehingga buah lokal bisa terserap dengan baik dan kesejahteraan petani Buleleng bisa terjaga.

“Swatantra bisa memberikan pemahaman kepada petani. Kita harus proaktif ga boleh diam. Mudah-mudahan kita terus semangat untuk bersama-sama membangun pertanian kita, saya akan berusaha menyiapkan pasarnya,” harapnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts