More

    Ratusan Bibit Pohon Ditanam di Hutan Desa Sumberkima

    Masyarakat Desa Sumberkima secara bersama-sama melkaukan reboisasi di wilayah hutan desa setempat |FOTO: Istimewa|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Ratusan bibit pohon ditanam di wilayah perbukitan hutan desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Jumat 4 Desember 2020.  Jenis pohon yang ditanam 300 pohon sawo kecik, 50 pohon mangga, dan 50 bibit kelapa.

    Perbekel Desa Sumberkima, I Nengah Wirta menyampaikan, kegiatan tanam pohon merupakan salah satu cara melestarikan hutan desa yang luasnya mencapai 276 hektar ini. Pihak desa juga mengajak warganya dengan harapan ikut merawat pohon tersebut supaya tumbuh dengan baik.

    “Dalam kegiatan ini kami Desa Sumberkima turut melibatkan DLH Buleleng Koramil dan Polsek Gerokgak, masyarakat sekitar, serta karang taruna. Penanaman pohon juga sudah dilakukan rutin oleh kami di Pemerintah Desa bersama warga” uajarnya

    Wirka menjelaskan penanaman sebagai upaya mereboisasi pohon-pohon yang sudah mati sebelumnya dengan memberdayakan Kelompok Lestari Wana Kerti Desa Sumberkima. Kedepannya dalam pemeliharaan dan perawatan pohon yang baru ditanam ini akan dilakukan kelompok tersebut.

    Sementara itu, Kepala DLH Buleleng Ariadi Pribadi mengatakan, hutan desa merupakan salah Satu Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat penting untuk keberlangsungan desa. 

    Untuk itu, hutan Desa Sumberkima yang begitu luas mesti dijaga kelestarian dan dikendalikan pemanfaatannya.

    “Selain itu fungsi hutan desa ini sangat penting sebagai pengendali bencana. Dengan begitu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan masyarakat dan sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan,” singkatnya. |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles