More

    TPA Bengkala Dilengkapi Eskavator Buatan Pindad

    Penyerahan secara simbolis alat berat eskavator buatan PT Pindad dari Kementerian PUPR kepada Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra. Eskavator ini digunakan untuk pengelolaan TPA Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan |FOTO : istimewa|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa alat berat eskavator Pindad Excava 200 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) RI. Alat berat ini dipergunakan untuk pengelolaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah Bengkala, Kecamatan Kubutambahan.

    Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Sub Koordinator Persampahan Wilayah II, Direktorat Sanitasi, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR RI, Terra Prima Sari kepada Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra di Kantor Bupati Buleleng, Senin 21 Desember 2020.

    Nyoman Sutjidra menjelaskan Saat ini, eskavator sudah berada di TPA Bengkala. Oleh karena itu, tim dari Kementerian PUPR datang langsung ke Buleleng. Sekaligus mengecek keberadaan dari BMN tersebut.

    Tim teknis dari Kementerian PUPR dan penyedia juga akan datang. Sehingga, eskavator bisa dimanfaatkan secara maksimal. Penanganan sampah di Buleleng, khususnya untuk TPA Bengkala bisa dilakukan lebih maksimal.  

    “Tim teknis dari PT. Pindad sudah dalam perjalanan menuju Buleleng. Nanti mereka langsung ke TPA Bengkala sehingga operasional dari eskavator ini bisa benar-benar dimanfaatkan oleh petugas di sana,” ucap Sutjidra.

    Sementara itu, Terra Prima Sari menyebutkan hibah ini merupakan program pengadaan alat berat dalam rangka membantu kabupaten/kota untuk meningkatkan pengelolaan sampah utamanya di TPA. Pada tahun 2010, Kementerian PUPR juga membantu peningkatan kapasitas TPA Bengkala. Namun, memang belum diberikan alat berat. Ini diperlukan mengingat pengelolaan TPA yang baik memerlukan alat berat. “Nilai dari alat berat ini berkisar antara Rp1,5 miliar sampai Rp2 miliar,” sebutnya.

    Penilaian dari pihak Kementerian PUPR juga sudah diberikan kepada Pemkab Buleleng terkait penanganan sampah yang dilakukan. Oleh karena itu, Kabupaten Buleleng dipilih menjadi salah satu penerima hibah alat berat ini.  

    “Bantuan sudah kami salurkan juga pada tahun 2010 saat peningkatan kapasitas TPA Bengkala. Semoga dengan alat berat ini, penanganan sampah secara umum di Kabupaten Buleleng bisa terlaksana lebih baik,” pungkas Terra Prima Sari. |R/NP|

    Berita Terpopuler

    Related articles