7440 Vial Vaksin Aman Sampai Buleleng

Pendistribusian vaksin dan perlengkapan penunjang vaksinasi ke seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Buleleng |FOTO : Yoga Sariada|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 7440 vial vaksin untuk penanggulangan COVId-19 telah sampai di Buleleng dengan pengawalan ketat oleh aparat TNI dan Polri. Pengawalan dilakukan mulai dari penjemputan hingga pengiriman ke Depo Farmasi, Dinas Kesehatan Buleleng, di Jalan Serma Karma, Baktiseraga, Selasa 26 Januari 2021.  

- Advertisement -

Sedikitnya 370 aparat melakukan pengawalan, sebagian pasukan dari TNI dan Polri terlihat memegang senjata laras panjang untuk mengamankan vaksin. Setelah sampai di depo farmasi, vaksin langsung didistribusikan ke masing-masing Puskesmas dan rumah sakit yang akan melaksanakan vaksinasi.

Bukan hanya vaksin, sejumlah alat pelindung diri (APD), poster dan brosur sosialisasi vaksinasi COVID-19 juga dikirimkan ke seluruh Puskesmas di Buleleng.  

Vaksinasi untuk penanggulangan COVID-19 tahap akan langsung dilaksanakan Rabu 27 Januari 2021. Vaksinasi akan dilaksanakan di 24 titik di Buleleng.

Selain pengawalan oleh aparat TNI dan Polri, Loka POM Buleleng juga langsung melakukan pengawasan. Kepala Loka POM Buleleng Ery B Hantana mengatakan, Loka POM Buleleng sedari awal telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng untuk melakukan pengawasan terhadap vaksin COVID-19 di Buleleng.

- Advertisement -

“Kami memastikan bahwa keberadaan vaksin ini aman sampai di tujuan, aman penyimpanannya dari sisi kesehatan. Mulai dari ruang dan tempatnya yang memadai sesuai dengan prosedur,” ungkap Ery saat ditemui di depo farmasi, Selasa 26 Januari 2021.

Ery juga memastikan sebagian puskesmas dan rumah sakit sudah memiliki tempat yang aman untuk menyimpan vaksin. Vaksinasi akan dilakukan berkelanjutan sesuai dengan jadual yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

“Peran Loka POM Buleleng bukan hanya saat ini saja, namun berkelanjutan karena ini bagian dari program pemerintah,” ujarnya.

Disisi lain, Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa sempat melakukan pemeriksaan langsung ke depo farmasi. Dia ingin memastikan keamanan vaksin di depo tersebut. Dalam kesempatan itu, Kapolres Buleleng meminta kepada jajarannya agar senantiasa mengamankan vaksin secara maksimal. Data tentang vaksin ini juga harus dilaporkan secara detail dan lengkap.

Sementara Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol A.A Wiranata Kusuma mengatakan pengamanan dilakukan secara gabungan dari unsur TNI dan Polri serta Satpol PP Pemkab Buleleng. Dia melaporkan, pengawalan berjalan aman dan lancar hingga sampai di tujuan.

“Kami menurunkan personil secara maksimal, kurang lebih ada 370 personil gabungan TNI dan Polri mengawal vaksin ini sampai ke Buleleng,” tegas Wiranata.

Dia juga mengatakan aparat keamanan akan terus melakukan pengawalan agar vaksinasi COVID-19 ini berjalan dengan lancar. Di seluruh Polsek juga telah diperintahkan untuk mengamankan lokasi penyimpanan vaksin. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts