Undiksha Dorong Lulusan Siap Bersaing di Era Global

Wisuda ke-LXIV Undiksha | FOTO : ISTIMEWA|

Singaraja, koranbuleleng.com | Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar wisuda ke-LXIV untuk periode Maret, Jumat (26/3/2021). Wisuda ini kembali berlangsung melalui luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Sama dengan wisuda tiga periode sebelumnya.

- Advertisement -

Wisuda ini mempersembahkan sejumlah 618 orang lulusan yang berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik dan Kejuruan, dan Pascasarjana. Wisudawan tersebut terdiri dari 5 orang jenjang Pendidikan Doktor, 71 orang jenjang Pendidikan Magister, 525 jenjang Pendidikan Sarjana, dan 17 wisudawan dari jenjang Pendidikan Ahli Madya. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Undiksha kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global saat ini.

Pelaksanaan wisuda yang berlangsung di Auditorium Undiksha ini tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Wisudawan yang Luring diwajibkan mencuci tangan, menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh sebelum tempat acara. Selain itu, juga harus menerapkan social dan physical distancing. Selain hal tersebut, Undiksha juga kembali tidak mengizinkan para orangtua wisudawan untuk berada di dalam auditorium maupun areal kampus selama prosesi wisuda berlangsung. Hal ini untuk mengantisipasi kerumunan.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menyampaikan permakluman kepada seluruh wisudawan beserta keluarga karena wisuda belum bisa berjalan normal,.seperti yang menjadi harapan bersama. Namun demikian, diharapkan wisuda dengan pola baru ini tidak mengurangi makna dan kebanggaan. “Kami dari Undiksha sudah merencanakan pelaksanaan wisuda dengan bertemu langsung. Tetapi karena situasi masih dalam pandemi Covid-19, pelaksanaannya masih ada yang Luring dan Daring,” katanya.

Sebagai lulusan yang baru, para wisudawan ini untuk selalu adaptif terhadap perubahan. Selain itu juga mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing dalam era globalisasi saat ini. Hal tersebut perlu diimbangi dengan terus menggali, meningkatkan, dan mewujudkan seluruh potensi unggulan dalam diri. Harapannya itu selaras dengan motto Undiksha “Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna”, yaitu kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti. “Kita harus berpikir, kita tidak bisa memprediksi jenis pekerjaan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu saya sampaikan, kita harus agile, yaitu bisa cepat beradaptasi pada situasi zaman itu. Anggaplah di zaman teknologi, kita harus mampu memanfaatkan teknologi,” ungkapnya.

- Advertisement -

Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini juga memberikan apresiasi atas kegigihan para mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan mampu menorehkan prestasi. Capaian positif ini tentu menjadi salah satu aspek pendukung dalam mempercepat mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana. “Saya turut berbangga pada wisuda kali ini, wisudawan ini bisa menyelesaikan pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha. Ilmu pengetahuan yang dimiliki agar dapat diabdikan kepada masyarakat untuk kemajuan kita bersama,” ucapnya.

Apresiasi ditujukan pula kepada guru besar dan dosen yang lain atas bimbingan yang telah diberikan kepada mahasiswa dan mampu mengantarkan mahasiswa lulus tepat waktu. Pada wisuda kali ini, terdapat empat wisudawan yang menjadi lulusan berprestasi pamuncak tingkat universitas. Mereka adalah Dr. I Made Citra Wibawa., Program Studi Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Doktor, IPK: 3,69, masa studi 6 tahun 11 bulan, predikat sangat memuaskan; Ni Kadek Ayu Risnawati, M.Pd., Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Jenjang Pendidikan Magister, IPK: 3,88, masa studi 2 tahun 6 bulan, predikat Pujian; Ni Luh Putu Sri Murdiani, S.Pd., Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jenjang Pendidikan Sarjana, IPK: 3,96, masa studi 3 tahun 6 bulan, predikat Pujian; dan Kadek Novi Kumala Pratiwi, A.Md., Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jenjang Pendidikan Diploma III, IPK: 3,81, masa studi 3 tahun 5 bulan, predikat Sangat Memuaskan.|R/ADV/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts