More

    Jalan Darurat Kembali Dibangun di Sekumpul

    Perbaikan jalan darurat di Desa Sekumpul, Sawan |FOTO : Edy Nurdiantoro|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Jalan yang sempet jebol akibat guyuran hujan deas di Desa Sekumpul, Sawan kembali mendapatkan perbaikan darurat. Sebelumnya, jalan yang berstatus jalan kabupaten itu sudah mendapatkan perbaikan darurat. Namun, selang beberapa hari. kembali ambruk tergerus air.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan perbaikan menggunakan tiga batang kayu mahoni diameter 30 cm dengan panjang sekitar 8 meter. Batang kayu itu dipasang di badan jalan yang ambles sebagai penahan. Pada bagian punggung kayu diratakan agar kendaraan bisa melintas dengan baik.

    “Perbaikan darurat dilakukan secara gotong royong melibatkan personil BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Pemerintah Kecamatan Sawan, perwakilan warga Desa Galungan, Sekumpul, dan Lemukih,” ujar Ariadi, Rabu 31 Maret 2021.

    Pemerintah juga membuat sodetan sementara untuk mengalihkan aliran air sehingga tidak luapan besar saat hujan deras. Namun, walaupun ini sudah mendapat perbaikan darurat, jalan ini belum bisa dilalui dengan kendaraan beban berat.

    Ariadi Pribadi menambahkan dengan perbaikan darurat yang dilakukan  setidaknya jalan yang menjadi akses utama warga di tiga desa sudah dapat dilewati sembari menunggu perbaikan permanen yang telah direncanakan oleh Dinas PUTR dengan anggaran sekitar Rp625 juta. Rencananya pada akhir April 2021 nanti sudah ditentukan pemenang tender yang akan menggarap paket perbaikan jalan ini.

    “Nanti saat perbaikan permanen drainase wajib diperbaiki dahulu agar tidak jebol lagi,”  pungkasnya. |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles