More

    Golkar Buleleng Konsolidasi Kekuatan Pengurus Partai

    Ketua DPD Partai Golkar Buleleng, Ida Komang Kresna Budi menyerahkan SK Pengurus Kecamatan Partai Golkar Buleleng |FOTO : Yoga Sariada|

    Singaraja, koranbuleleng.com |DPD II Partai Golkar Buleleng mulai memasang “kuda-kuda” dengan melakukan konsolidasi kekuatan partai menyambut hajatan politik di tahun 2024. Tahun itu, akan ada Pilkada dan Pemilu secara serentak.  

    Jika dihitung, ada durasi hingga dua setengah tahun kedepan untuk menyempurnakan kekuatan partai. Namun, tahapan Pemilu maupun Pilkada Buleleng sudah dipastikan akan dimulai pertengahan 2022, diantara bulan Juli atau Agustus. Maka resikonya, mesin partai sudah harus bekerja dari saat ini.

    Golkar salah satu partai besar di Buleleng yang berhasil meraih kursi terbanyak kedua di DPRD Buleleng dari hasil Pemilu 2019. Golkar mendudukkan 7 orang politisinya menguasai kursi di DPRD Buleleng. Urutan teratas masih PDI Perjuangan dengan jumlah 18 kursi. Sementara Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai nasdem masing-masing menguasai 5 kursi. Lalu partai berlambang Mercy, besutan AHY, yakni Partai Demokrat hanya memperoleh 3 kursi di DPRD Buleleng. Sementara PKB dan Partai Perindo masing-masing menguasai 1 kursi.

    Sebagai partai besar, Partai Golkar Buleleng tidak mau kalah strategi. Untuk memenangkan penguasaan kursi di legislatif dan memenangkan calon kepala daerah untuk suksesi kepemimpinan Buleleng di tahun 2024, Partai Golkar sudah bergerak mengesahkan Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar. Sebanyak 9 PK di Buleleng telah menerima Surat Keterangan (SK) Pengurus Kecamatan Partai Golkar, yang diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi kepada seluruh Pengurus Kecamatan di Buleleng, di Kantor DPD II Partai Golkar Buleleng, Jalan Ngurah Rai, Sabtu 17 April 2021.

    PK merupakan ujung tombak bagi Partai Golkar untuk memperkuat akar partai di sembilan kecamatan di Buleleng. Masing-masing PK ini akan mewilayahi sejumlah pengurus di tingkat desa. Karena itulah, usai penyerahan SK PK, Pengurus DPD I Partai Golkar Buleleng langsung melakukan pembahasan persiapan musyawarah desa (musdes) untuk Pengurus Desa Partai Golkar di seluruh kecamatan di Buleleng.

    Ketua DPD II Golkar Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi memastikan konsolidasi ini digelar sebagai upaya persiapan Pemilu  2024 mendatang. Dalam kegiatan politik internal itu, juga ada sosialisasi terkait dengan pencalonan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden di tahun 2024.

    Sementara untuk mengamankan suara di tingkat akar rumput guna pemenangan tiga hajatan politik itu, Kresna Budi menekankan pada penguatan sistem kepengurusan partai serta memaksimalkan kegiatan sosial maupun program-program lain.

    “Kalau dibilang pemanasan iya, tapi tetap harus di running terus, partai harus berjalan tidak boleh diam. Struktur partai, organisasi, dan SDM harus diperkuat. Kita harapkan harus semangat dan kader partai optimis,” lanjutnya.

    Namun, Kresna Budi menegaskan bahwa ada meanisme untuk pengajuan bakal calon kepala darah dari Partai Golkar. Untuk Saat ini, Golkar sedang fokus untuk memperkuat konsolidasi partai di seluruh tingkatan pengurus.

    “Setiap kader-kader Golkar pasti selalu siap di calonkan, nanti ada meknaisme untuk pencalonkan kepala daerah itu,” pungkasnya. |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles