7 Orang Meninggal, Tim Gabungan Cari Korban KMP Yunice

Basarnas Bali lakukan pencarian korban KMP Yunice yang tenggelam di perairan Selat Bali |Sumber FOTO : Basarnas Bali|

Gilimanuk, koranbuleleng.com | Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali mulai melakukan pencarian terhadap korban kapal tenggelam KMP Yunice di perairan Selat Bali.  

- Advertisement -

Dari data Basarnas Bali, per Rabu 30 Juni 2021 pukul 09.00 wita,  tim gabungan telah mengevakuasi  korban selamat sebanyak 39 orang, dan meninggal dunia 7 orang  serta korban dalam pencarian sebanyak 11 orang.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada mengungkapkan kapal mengangkut 57 orang , diantaranya terdiri dari 13 orang kru, 3 orang petugas kantin dan 41 orang penumpang.  Kapal dengan panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter sebelumnya terseret arus dan alami kemiringan hingga terbalik di perairan selat Bali.  Kapal tersebut terbawa arus ke arah selatan, miring dan langsung tenggelam. 

Basarnas mengerahkan seluruh kekuatan tim. Tim terdekat yang dikerahkan  diantaranya dari  Pos SAR Jembrana dan Pos SAR Buleleng, Basarnas Denpasar dan Basarnas Surabaya yang meluncur melalui jalur laut untuk melakukan upaya evakuasi. 

“Untuk sementara data korban meninggal yang diperoleh dari posko gabungan di Pelabuhan Gilimanuk, terkonfirmasi 7 orang yakni 5 perempuan dan 2 orang laki-laki selanjutnya dibawa ke Puskesmas Gilimanuk,” ungkap Gede Darmada dikutip dari laman resmi Basarnas Bali Rabu 30 Juni 2021. 

- Advertisement -

Darmada juga mengatakan alat utama sistem SAR yang dikerahkan diantaranya 3 unit RIB Basarnas, 1 unit KN SAR Permadi dari Basarnas Surabaya, KMP Samudra Utama, KMP Sukarya, 2 unit Tagboat (Joyo Boyo dan Perkasa), dan 3 unit speed boat Polair Gilimanuk, 1 unit rubber boat Polda Bali, 1 unit rubber boat Pos TNI Al Gilimanuk serta kapal nelayan setempat.

Tim SAR gabungan yang terlibat operasi SAR diantaranya dari Basarnas Bali, TNI AL, Pol Air, BPBD, BTTD, Samapta Polda Bali, Brimob Gilimanuk, DVI Polda Bali, Polres Jembrana, ASDP Gilimanuk, Syahbandar Gilimanuk, Batalion Compi C Gilimanuk, Potensi SAR 115 dan potensi SAR lainnya. |Sumber : Basarnas Bali/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts