Memberdayakan ODHA Lewat KUBE

Wakil Bupati Buleleng, dr.Nyoman Sutjidra memberikan bantuan bagi ODHA |FOTO : istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng memberdayakan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Buleleng, Bali dengan memberikan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Bantuan program tersebut agar ODHA berdaya secara ekonomi dan bersemangat dalam menjalani kehidupan.

- Advertisement -

“Supaya tidak putus asa, tidak boleh mengasingkan diri, tidak boleh mengucilkan diri. Agar tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari seperti biasa,” ujar Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra yang juga Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) usai menyerahkan bantuan paket sembako kepada para ODHA di Puskesmas Gerokgak I dan Puskesmas Gerokgak II, Selasa 5 September 2021.

Sutjidra pembentukan KUBE secara otomatis akan menjadikan ODHA bisa beraktivitas ekonomi agar mereka bisa berdaya dan mandiri. “Seluruh bidang kehidupan, salah satunya ekonomi harus tetap dijalankan. Namun, ada rambu yang harus ditaati,” jelas dia.

Pembentukan KUBE untuk meningkatkan taraf hidup dari para ODHA. Contoh kegiatan ekonominya adalah memelihara ternak untuk dijual kembali. Ada juga bergerak dalam budidaya tanaman.

Pelatihan-pelatihan keterampilan juga diberikan dalam mendukung eksistensi KUBEyangdijakankan oleh ODHA.  Seperti memelihara ternak, para ODHA akan diberikan pelatihan membuat kandang yang baik, pemeliharaan sampai keperluan pakannya. “Seluruh kegiatan ekonomi tersebut dilakukan agar para ODHA bisa mandiri secara ekonomi. Tidak lagi menjadi beban untuk anggota keluarga lainnya,” kata Sutjidra.

- Advertisement -

Saat ini, stigma buruk terhadap ODHA juga sudah mulai berkurang.  Anak-anak dari para ODHA ini pun sudah diterima di lingkungan termasuk untuk melaksanakan kegiatan pendidikannya. “Dulu anak dari para ODHA kan ditolak. Tapi sekarang sudah tidak ada penolakan seperti itu. Tadi kita tanya juga ada yang sudah kelas 2 SD, kelas 4 SD. Ya syukur-syukur stigma ini sudah lambat laun hilang,” ungkap Sutjidra. |ADV/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts