Pemkab Buleleng Gerakkan Aksi Kali Bersih

Aksi kali bersih | FOTO : ISTIMEWA|

Singaraja, koranbuleleng.com | Menjelang musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng menggalakkan aksi bersih-bersih wilayah sungai dali hulu dan hilir melalui program aksi kali bersih. Sampah dibersihkan dari aliran sungai supaya laju air tidak terhambat saat volume air meninggi di musim hujan.

- Advertisement -

Upaya ini dilakukan untuk mencegah banjir. Aliran sungai biasanya terhambat oleh sampah dan menjadi pemicu banjir.

Secara resmi, aksi tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Buleleng tentang Pembina Program Kali Bersih Nomor 600/330/HK tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat mengatakan aksi kali bersih (Kaliber) ini merupakan Intruksi dari Bupati Buleleng dalam mewujudkan program “Buleleng Bersih”.

“Aksi bersih lingkungan sungai ini, melibatkan seluruh SKPD di Buleleng dengan personil sebanyak 150 orang dan ini akan dilakukan secara rutin kedepannya untuk mengantisipasi musim hujan di bulan Februari mendatang, “ucap Melandrat.

- Advertisement -

Melandrat juga mengajak seluruh elemen, baik jajaran ASN maupun masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, minimal lingkungan terdekat. Termasuk, kebersihan sungai di Kelurahan Liligundi, Singaraja. |NP/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts