Panitia Siapkan Surat Suara Pilkel Serentak

Panitia Penyelenggara Pemilihan Perbekel melakukan lipat surat suara |FOTO : Edi Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Panitia Pemilihan Perbekel (Pilkel) di Buleleng mulai menyiapkan logistik jelang pencoblosan yang rencananya dilaksanakan 31 Oktober 2021.

- Advertisement -

Logistik berupa bilik suara, kartu pemilih, tinta, segel, beberapa formulir untuk rekapitulasi serta surat suara. Tercatat ada 144.726 lembar surat suara yang dicetak. Sementara jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya sebanyak 139.160 orang.

Logistik ini akan didistribusikan secara bertahap, yakni 27 hingga 29 Oktober mendatang.

Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dinas PMD Buleleng, Rai Gede Arisudana mengatakan, Surat suara yang dicetak lebih banyak 4 persen untuk antisipasi adanya surat suara yang rusak.

Proses pelipatan surat suara akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, proses pelipatan suara ditargetkan tuntas untuk Kecamatan Tejakula dan Kecamatan Busungbiu.

- Advertisement -

“Siapa tahu ada surat suara yang rusak saat proses distribusi, atau ada pemilih tambahan. Memang harus disiapkan cadangan. Kami targetkan hari Senin sudah tuntas untuk semua desa,” katanya

Dalam waktu dekat panitia pilkel di masing-masing desa akan melakukan penguatan kapasitas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Mereka merupakan perpanjangan tangan panitia dalam proses pemungutan suara.

Penguatan kapasitas wajib dilakukan, sebab ada beberapa perbedaan dibandingkan pilkel dua tahun lalu.

“Ada beberapa tahapan protokol kesehatan yang harus dilakukan sebelum pemilih masuk ke bilik suara. Ini yang harus dipahami oleh KPPS, untuk mencegah klaster,” ujarnya.

Pilkel Serentak di Buleleng akan dilaksanakan dilaksanakan di 40 desa. Tercatat ada 123 orang yang maju sebagai calon perbekel. Sebanyak 30 orang diantaranya merupakan calon petahana. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts