Raih WTP ke-7, Pemkab Buleleng Terima DID 40 Miliar

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menerima Plakat dari Kementerian Keuangan RI atas raihan pengelolaan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020. Opini WTP ini yang ke-7 secara berturut-turut.

Plakat dan piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali (Kanwil DPPB), Teguh Dwi Nugroho di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Senin, 25 Oktober 2021.

- Advertisement -

WTP ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mendapat tambahan Dana Insentif Daerah (DID). “Plakat ini tidak gampang didapat, syaratnya harus lima kali berturut-turut meraih WTP. Prestasi ini sangat penting, karena itu kami kembali mendapatkan tambahan DID sebesar empat puluh miliar rupiah,” ujar Bupati yang akrab disapa PAS itu.

Agus meminta semua pimpinan organisasi perangkat daerah untuk tetap berkomitmen menjalankan program kerja berdasarkan regulasi.

PAS berharap peningkatan DID yang dapat memberikan motivasi bagi Pemkab Buleleng dalam meningkatkan kinerja pembangunan di Kabupaten Buleleng.

WTP beruntun yang diperoleh Kabupaten Buleleng  tidak terlepas dari kinerja baik jajaran Pemkab Buleleng dalam mengelola keuangan daerah. Menurutnya selain meningkatkan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) pada Inspektorat daerah, pemahaman yang baik atas regulasi terkait keuangan daerah menjadi kunci raihan WTP Kabupaten Buleleng. “Melaksanakan sesuai dengan aturan-aturan. Konsisten dengan regulasi, itu kuncinya” ujar Suradnyana.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Kanwil DPPB, Teguh Dwi Nugroho menyampaikan prestasi ini dinilai penting berkat konsistensi dan akuntabilitas laporan keuangan yang dilaporkan. “Buleleng juga memiliki sistem pengendalian keuangan internal yang baik dan semua regulasi dalam pengelolaan keuangan juga dilakukan dengan baik sesuai undang-undang pembendaharaan dan keuangan Negara,” puji Teguh.

Dia berpesan agar Pemkab Buleleng lebih meningkatkan kinerja penyusunan laporan keuangan di masa datang, sehingga dengan pengelolaan keuangan yang akuntabel diyakini mampu meningkatkan pembangunan Buleleng dan kesejahteraan masyarakat. |ADV/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts