Perumda Tirta Hita Rencana Manfaatkan Sumber Air Pura Taman Alit

Singaraja, korabuleleng.com| Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng berencana akan mengelola mata air yang ada di Pura Taman Alit, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan pelayanan air bersih di wilayah perkotaan. 

Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Made Lestariana mengatakan debit air di Pura Taman Alit mencapai 30 liter per detik. Selama ini, mata air tersebut tidak dimanfaatkan dan terbuang ke laut.

- Advertisement -

Perumda Tirta Hita akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida, mengingat mata air tersebut sudah ditata oleh pihak BWS Bali Penida.  “Kami sedang menyusun bisnis plannya, untuk kemudian dikoordinasikan dengan pihak BWS, karena mata air itu sudah ada penataan oleh pihak BWS,” ujar Lestariana Senin, 8 November 2021.

Jika BWS Bali Penida mengizinkan sumber air tersebut akan dimanfaatkan sebanyak 10 liter per detik dari mata air tersebut. Sementara sisanya tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Daerah barat kota itu kan memang daerah berkembang, banyak perumahan. Sehingga jika diijinkan, kami memanfaatkan sebagian dari mata air di Pura Taman Alit itu untuk bagian barat kota Singaraja,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts