Pemkab Buleleng Kembangkan E-Hibah

Singaraja, koranbuleleng.com |Pemkab Buleleng terus mengintensifkan sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) mewujudkan aplikasi E-Hibah yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengajuan hibah atau bantuan kepada masyarakat secara online.

Kepala Dinas Kominfosanti Ketut Suwarmawan mengatakan pengembangan sistem informasi ini untuk mewujudkan proses kerja pengajuan hibah yang lebih baik dan transparan mulai dari proses permohonan, registrasi, pemberkasan, dan verifikasi.

- Advertisement -

Menurut pria yang akrab disapa Ketsu, masyarakat dapat mengajukan registrasi dan pemberkasan permohonan hibah dengan mudah karena semua dapat dilakukan secara online.

“Masyarakat yang ada di Kabupaten Buleleng seluruhnya bisa mengakses itu secara online, mendaftarkan secara online, kemudian melengkapi berkas juga secara online”, jelasnya.

Sistem informasi E-Hibah itu akan terintegrasi dengan Sistem Informasi Surat Pengesahan Lembaga (Sisupel), sehingga dapat mempermudah registrasi oleh lembaga yang mengajukan permohonan hibah.

Proses verifikasi pun menjadi lebih transparan dengan sinergitas yang baik antara pihak kecamatan dengan perangkat daerah dalam melakukan verifikasi berkas permohonan hibah.

- Advertisement -

Melalui sistem informasi E-Hibah, kata Ketsu masyarakat dapat melihat secara jelas proses verifikasi yang dilaksanakan baik dari pihak kecamatan maupun perangkat daerah terkait.

“Lebih terbuka ya, lebih transparan mana yang bisa mendapatkan dan mana yang tidak,” tutup Ketsu.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts