PDIP Tanam Cempaka untuk Penghijauan, Bisa Dimanfaatkan Warga Untuk Sarana Adat dan Agama

Singaraja, koranbuleleng.com | DPC PDI Perjuangan Buleleng menanam puluhan pohon cempaka untuk penghijauan di lapangan umum padat karya Kecamatan Sukasada, Sabtu 4 Desember 2021. Selain alasan untuk penghijauan, pemilihan pohon cempaka karena bunga dari pohon ini bisa digunakan untuk melengkapi sarana upacara untuk keagamaan dan adat istiadat di Bali.

Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyampaikan upaya pelestarian lingkungan harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Lingkungan di dalam ruang publik juga pantas dihijaukan supaya kesehatan masyarakat juga terjaga. Ia mengajak seluruh pihak agar melakukan hal-hal yang baik untuk menyediakan ruang terbuka atau lapangan kepada masyarakat tentunya dalam melakukan berbagai kegiatan positif.

“Acara seperti ini harus terus kita lakukan agar pesan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati untuk menjadikan bumi sebagai pijakan lingkungan kita untuk masa depan anak cucu kita bisa kita laksanakan. Ini harus terus bisa dikumandangkan dan kita bumikan,” paparnya.

Agus menerangkan Bunga cempaka banyak digunakan untuk melengkapi sarana upacara pada saat hari raya juga. Karakter alamiah tanaman Cempaka semakin sering bunganya dipetik, akan semakin rajin produktif berbunga.

- Advertisement -


“Sehingga karakteristik penanaman juga kita sesuaikan kedepan. Mungkin minggu depan kita bisa bikin acara lagi sampai akhir Desember karena bertepatan dengan musim hujan. Jadi kita menanam pohon biar hidup dan pertumbuhannya cepat. Agar tidak seremonial saja,” imbuh Agus Suradnyana.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali ini juga menambahkan bibit pohon cempaka ini merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa pihak. Yang terpenting adanya inisiatif untuk meyakini bahwa CSR yang diberikan itu bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Buleleng.

“Anggota DPRD Dapil Sukasada bisa mengusulkan untuk membangun mungkin sedikit tempat duduk di sekeliling lapangan, sehingga lapangan Padat Karya ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” tutupnya.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts