Kementerian Kominfo RI Latih 5000 Talenta Digital

Singaraja, koranbuleleng.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika RI akan mendidik dan melatih 5000 orang untuk pengembangan sumber daya manusia teknologi informatika.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kominfo RI telah menandatangani kesepakatan dengan Pemkab Buleleng, Selasa 21 Desember 2021. Di Bali, hanya Kabupaten Buleleng yang dipilih oleh Kominfo RI.

- Advertisement -

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana yang secara langsung menandatangani nota kesepahaman itu menyatakan kesepahaman ini sangat membantu Buleleng dalam upaya membangun dan memberdayakan potensi sumber daya manusia Buleleng. Khususnya untuk pengembangan keterampilan dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Teknologi informasi merupakan tulang punggung di era revolusi industri 4.0. Masyaakat harus mampu bersaing secara global dengan meningkatkan kapasitas SDM mengenai teknologi informasi dan komunikasi.

Kerjasama ini dinilai kesempatan baik dalam mempersiapkan SDM di Buleleng terutama talenta muda. “Saya sangat mendukung program ini. Terlebih lagi Kemenkominfo RI memberdayakan dan memanfaatkan SDM yang ada di Kabupaten Buleleng,” terang Agus.

Diklat bidang TIK akan meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang professional masyarakat Buleleng sehingga mampu menjawab tantangan dunia usaha.

- Advertisement -

Kegiatan Pengembangan SDM digital dan teknologi informasi di Kabupaten Buleleng tahun 2022, nantinya sebagai komitmen bersama dalam pengembangan SDM digital dan teknologi, khususnya kepada masyarakat usia produktif di Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, Sekretaris Balitbang Kominfo RI Dra. Haryati, M. Kom, mengatakan, penandatanganan ini merupakan sinergi dan komitmen Kominfo RI dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam satu kerangka untuk mendekatkan masyarakat maupun ASN di Buleleng untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan bidang TIK guna meningkatkan kapasitas terutama dalam membangun talenta di era digital.

“Dari kesepakatan ini, nantinya akan ditindak lanjuti implementasinya. Pihak Pemkab Buleleng menyediakan peserta-peserta dari masyarakat maupun ASN di Buleleng untuk mengikuti pelatihan (DTS) Digital Talent Scholarship,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menyampaikan, target peserta dari pelatihan DTS ini meliputi lulusan SMA/SMK/Perguruan Tinggi, ASN, Wirausahawan, Profesional, maupun pelaku usaha/UMKM di wilayah Kabupaten Buleleng.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts