Pemkab Buleleng Sempurnakan Aplikasi SiAP

Singaraja, koranbuleleng.com | Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kabupaten Buleleng mengembangkan aplikasi Sistem Informasi dan Aplikasi Pengadaan (SiAP) untuk mendukung proses pengadaan barang dan jasa di yang cepat dan akuntabel.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, I Made Suwitra Yadnya mengatakan, pengembangan aplikasi SiAP sebagai media untuk proses input paket pekerjaan agar lebih mudah, cepat dan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam penginputan. Awalnya, aplikasi tersebut diluncurkan padatahun 2017,dan saat ini kembali disempurnakan.

- Advertisement -

“Oleh karena itu kita kembangkan lagi aplikasi Siap ini agar menjadi pasti SiAP pada tahun 2020 hingga sekarang, yang nantinya akan langsung terkoneksi dengan LPSE dan LKPP,” ucap Suwitra.

Aplikasi ini sangat membantu Kelompok Kerja (Pokja) pemilihan untuk bekerja karena semua data diproses melalui aplikasi. Disamping itu aplikasi ini juga menyediakan fitur chat, untuk memudahkan Pokja berkomunikasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga jika ada kekurangan dokumen bisa direspon lebih cepat oleh PPK. Seluruh proses dilkaukan dalam aplikasi dan kerahasiaannya terjamin.

Dari sisi pendokumentasian, Suwitra menjelaskan, dokumen akan tersimpan pada aplikasi, dan bisa di unduh.

Suwitra mengatakan masih harus melatih lebih  banyak SDM bidang pemrograman.  BPBJ juga akan membantu organisasi perangkat daerah untuk melakukan proses pemasukan data di system. “Kita siap membuka ruang untuk mereka input disini,” pungkasnya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts