Jembatan di Jalur Alternatif Penarukan – Kerobokan Rusak

Singaraja, koranbuleleng.com| Jembatan penghubung antara Kelurahan Penarukan dengan Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan Buleleng di Jalan Sam Ratulangi sudah lama alami kerusakan. Aspal jembatan banyak yang berlubang dan sangat membahayakan pengguna jalan.

Jembatan dengan Panjang 8 meter tersebut harus segera diperbaiki karena menjadi akses transportasi warga dan jadi jalur alternatif.

- Advertisement -

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng baru bisa menganggarkan perbaikan pada tahun 2023 mendatang, senilai Rp 200 juta.  Namun dengan anggaran itu, jembatan tersebut belum bisa diganti dan akan dilakukan perbaikan di bagian yang rusak.

“Yang rusak dulu yang diperbaiki, misalnya bagian deknya. Kalau ada bagian yang patah, itu yang diperbaiki dulu. Belum bisa diganti dengan yang baru,” Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha, Senin, 21 Februari 2022.

Sementara terkait perbaikan jembatan di Jalan Pulau Obi, kata Adiptha perbaikan belum dilakukan, namun anggaran sebesar Rp150 juta telah disiapkan. Perbaikan belum dimulai, lantaran harus meminta izin terlebih dahulu dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Mengingat Pemkab berencana akan melakukan refocusing anggaran. 

“Anggaran untuk perbaikan Jalan Pulau Obi sudah disiapkan. Tapi proses perbaikannya belum dimulai, karena rencananya mau ada refocusing. Kami harus lapor dulu ke pimpinan,”kata dia. 

- Advertisement -

Seperti diketahui, jembatan di Jalan Pulau Obi juga nampak memprihatinkan. Jembatan dengan panjang sekitar 20 meter itu sudah retak, bahkan papan penyangganya juga mulai terlihat. Jembatan yang usianya sudah puluhan tahun itu selama ini hanya diperbaiki dengan teknik tambal-sulam, sehingga kerusakan cepat terjadi.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts