Pengurus PWI Buleleng Dilantik, Dorong Proses Demokratisasi

Singaraja, koranbuleleng.com | Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buleleng masa bakti 2021-2024 secara resmi dilantik oleh PWI Provinsi Bali, Sabtu 12 Maret 2022. Pelantikan dilakukan oleh Ketua PWI Bali IGBN Dwikora Putra. Pelantikan tersebut juga serangkaian dengan Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 tingkat Provinsi Bali.

Gubernur Bali Wayan Koster meminta PWI Buleleng melihat kondisi perkembangan media kedepan. Masyarakat sekarang semakin cerdas dan memerlukan informasi akurat yang menjadi hak masyarakat yang harus terpenuhi. Melihat perkembangan teknologi digital yang sangat masif sekarang ini, media diminta menghadirkan wahana baru untuk menyampaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan maupun informasi kepada masyarakat luas.

- Advertisement -

“Kami berharap agar insan pers membangun komunikasi dengan masyarakat, menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan agenda pemerintah dan berbagai keluh kesah masyarakat yang harus direspon secara cepat,” ujar Koster.

Gubernur mengaku akan memberdayakan peran media secara optimal untuk mendorong proses demokratisasi dalam meningkatkan peranan komunikasi dengan masyarakat. Itu untuk menyampaikan hal yang berkaitan dengan agenda pemerintah serta berbagai keluh kesah masyarakat kepada pemerintah yang harus direspon secara cepat.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGBN Dwikora Putra agenda HPN Provinsi Bali yang dipusatkan di Buleleng dan Pelantikan Pengurus PWI Buleleng yang baru.

Dwikora menambahkan, peringatan HPN tahun ini mengambil tema “Bali Bangkit, Indonesia Jaya”. Bagaimana pers bisa ikut berperan, mendukung masyarakat Bali pada khususnya untuk bisa bangkit dari pandemi saat ini.

- Advertisement -

Oleh karena itu, pihaknya berharap teman-teman wartawan membuat suatu pemberitaan yang menimbulkan sikap optimisme di kalangan masyarakat. “Jangan sampai membuat berita negatif  saja yang menimbulkan kekhawatiran, kecemasan di mata masyarakat yang saat ini menghadapi pandemic,” ujarnya.

Kepengurusan PWI Buleleng ini terbentuk pada Oktober 2021 pada saat konferensi. PWI Buleleng langsung bergerak mengadakan kegiatan-kegiatan dan terobosan bahkan sebelum dilantik. “Sebelum dilantik saja mereka sudah bekerja, bagaimana kalau sudah dilantik. Nah ini yang akan kita harapkan,” ujarnya.

Ketua PWI Bali Dwikora Putra melantik kepengurusan PWI yang dipimpin oleh Made WIningsih. Saat pelantikan dilakukan penyematan pin dan penyerahan SK Kpeengurusan PWI Buleleng periode 2021- 2022. PWI Bali juga menyerahkan sertifikat Karya Latihan Wartawan (KLW).

Di penghujung kegiatan diisi acara pemotongan tumpeng, pertukaran cindramata dan pemukulan kentungan. |WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts