Puluhan Rumah Terendam Banjir

Singaraja, koranbuleleng.com | Hujan lebat yang mengguyur Buleleng Jumat 23 Maret 2022 dini hari menyebabkan banjir di dua desa di kecamatan Gerokgak, Buleleng. Hingga siang hari, air masih terlihat merendam lokasi perumahan warga terutama di Banjar Dinas Kayu Putih Desa Sanggalangit.

Perbekel Desa Sanggalangit I Nyoman Sudika mengatakan, hujan lebat tidak saja merendam rumah warga yang tinggal Banjar Dinas Kayuputih namun warga yang tinggal di Banjar Dinas Wanasri tak luput dari terjangan banjir.

- Advertisement -

Air setinggi lutut orang dewasa tersebut merendam sebagian rumah warga di dua dusun tersebut, namun jumlah kerugian material sedang dihitung. Jika ditotal ada sebanyak 20 rumah warga terendam banjir.

“Kami sedang melakukan pendataan dari masing-masing rumah warga yang terendam banjir,”ujar Sudika.

Pihak desa sudah berkoordinasi dengan Camat Gerokgak, BPBD Buleleng untuk penanganan lebih lanjut. Warga juga dibantu aparat desa, Babinsa TNI Koramil Gerokgak dan Bhabinkamtibmas Polsek Gerokgak untuk menguras air di lokasi genangan air agar cepat surut.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan kepala desa Sanggalangit maupun Desa Pejarakan untuk memastikan penanganan awal atas terjadinya banjir tersebut.

- Advertisement -

“Kami sudah melakukan langkah penanganan namun itu baru berupa bantuan dasar berupa pemberian sembako. Yang lain sedang kami koordinasikan dengan instansi terkait,” ujar Ariadi.

Lokasi titik banjir tersebut merupakan daerah langganan banjir. Banjir terjadi hampir setiap tahun. Penyebabnya belum ada saluran air memadai untuk menampung air hujan dengan intensitas tinggi.

Untuk penanganan jangka panjang, pihaknya mengaku sudah melakukan mitigasi secara fisik untuk memastikan tindakan yang dilakukan agar banjir di tempat itu bisa diatasi. Koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Buleleng untuk membuat perencanaan juga telah dilakukan. mengatasinya.

“Kami berharap masalah banjir di tempat-tempat itu akan teratasi setelah dilakukan perencanaan untuk mengatasinya,” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts