Atlet Buleleng Peraih Medali PON dan Peparnas Papua Terima Bonus

Singaraja, koranbuleleng.com| Puluhan atlet Buleleng yang meraih medali saat tanding di even PON (Pekan Olahraga Nasional) XX dan Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) XVI di Papua, menerima penghargaan dan bonus dari Pemerintah Provinsi Bali. Penghargaan dan bonus diserahkan langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster di halaman Gedung Jayasabha, Denpasar, Selasa 29 Maret 2022.

Saat PON XX di Papua, Bali mengirimkan 235 atlet dan mampu bertengger di peringkat 5. Raihan medali sebanyak 28 Emas, 25 Perak dan 53 Perunggu.  Sementara atlet dari Buleleng berhasil mengharumkan nama Bali dalam PON Papua dengan menyumbangkan medali dari 13 cabang olahraga.  

- Advertisement -

Sementara sebanyak 38 atlet Bali berlaga di Peparnas XVI Papua dan 21 atlet sukses mendulang sebanyak 35 medali, diantaranya 11 Emas,14 Perak dan 10 Perunggu. 

Ada 3 atlet Buleleng sukses meraih medali dalam Peparnas Papua. Dari Cabor Atletik Putri, Ni Putu Ari Astuti memperoleh medali emas di lempar lembing, medali perak di tolak peluru dan medali perunggu di lempar cakram. Sementara dari cabor atletik kelas f13 putra, atlet Buleleng atas nama Gede Adi Mahardika sukses memperoleh medali perak untuk Lempar Lembing dan medali perunggu di cabang Tolak Peluru.  Sementara dari Cabang olahraga Bulutangkis, atlet atas nama Putu Christiani yang bermain di Single SU5 Putri mampu meraih medali perunggu.

Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja mengapresiasi inisiatif Pemprov Bali memberikan penghargaan dan bonus bagi patriot olahraga Bali yang berjuang di PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua.  Kedepan, Pemprov Bali dibawah kepemimpinan Wayan Koster juga harus mampu memerhatikan masa depan atlet-atlet yang telah berprestasi. Saat ini, masih banyak atlet yang meraih prestasi namun belum memiliki pekerjaan tetap sehingga mereka pantas untuk diperhatikan dari sisi kesejahteraan jangka panjangnya.

“Saya berharap atlet juga bisa mengelola bonus dengan baik, sehingga sumber penghasilan ini bisa menjadikan modal untuk lebih baik dan meningkatkan prestasi di masa mendatang,” ujar Wiratmaja usai menghadiri penyerahan penghargaan dan bonus bagi atlet.

- Advertisement -

Sementara itu, salah satu atlet dari Buleleng yang memperkuat tim Kriket Bali, Kadek Darmawan merasa penghargaan dan bonus atlet yang diberikan oleh Pemprov Bali sebagai inisiatif yang baik bagi para atlet. Dia berharap bonus dan penghargaan yang diterima atlet menjadi pengguat untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut.

Darmawan bersama tim Kriket Bali berhasil meraih 2 Emas di nomor Super Six dan Twenty Twenty (T20), dan 1 Perunggu di nomor Super Eight. Dia juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik di nomor Twenty Twenty (T20). Total bonus yang diterima Tim Kriket Putra Bali sebesar Rp128.569.000,00.

Gubernur Bali, Wayan Koster juga mengapresiasi prestasi Kontingen Bali dalam PON XX dan Peparnas XVI di Papua. Para atlet diminta untuk terus mempertahankan prestasi.

Koster mengaku telah memiliki konsep untuk memajukan olahraga, salah satunya membangun sarana dan prasarana keolahragaan di Bali.

“Bali dari sisi sarana olahraga sangat tertinggal dengan daerah lain. Kedepan program Bali meningkatkan sarana dan prasarana keolahragaan Bali.” ujar Koster. 

Pemprov Bali akan menjadikan olahraga sebagai bagian pembangunan pada tahap berikutnya. Bukan saja untuk kepentingan olahraga itu sendiri, namun juga membangun Bali secara keseluruhan dengan basis memajukan kepariwisataan Bali, yakni sport tourism.

“Kedepan strategi yg lebih efektif untuk pencapaian yang lebih baik. Butuh extra effort, Saya nanti akan ikut nimbrung,” tambahnya. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts