Percetakan Terbakar, Soal Ujian Sekolah Ikut Ludes

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebuah perusahaan percetakan di Jalan Seruni Singaraja, Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan/Kabupaten Buleleng hangus terbakar, Senin, 4 April 2022. Selain menghanguskan atap percetakan, api turut meludeskan ribuan eksemplar soal ujian sekolah dari sejumlah sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Buleleng.

Dari pengakuan pemilik percetakan, Setyo Adi Wibowo saat kebakaran tersebut terjadi, sebanyak tujuh orang karyawannya sedang bekerja untuk melakukan pengemasan soal ujian yang sudah selesai dicetak. Tiba-tiba sejumlah karyawan tersebut, mendengar kaca ventilasi gudang percetakan pecah. Kemudian api langsung menyambar bagian kayu di bagian atap percetakan dan menyambar barang yang ada didalamnya. Sehingga beberapa pun langsung berlari untuk menyelamatkan diri.

- Advertisement -

“Posisi saya lagi tidak ada disini. saya lagi keluar lalu di telepon karyawan, saya pikir apinya kecil. Karena tidak ada asap dulu, langsung besar apinya. Saat itu yang kerja ada 7 karyawan. Barang-barang karyawan yang ada di dalam tidak bisa diselamatkan, hanya bisa menyelamatkan diri,” ujarnya, Selasa 5 April 2022 pagi.

Api diduga bekas rumah Dinas BPN, yang ada di sebelah percetakan. Saat itu, diduga penjaga rumah tersebut sedang membakar sampah. Diduga api membesar sehingga masuk ke dalam percetakan. 

Setyo menyebut, soal-soal yang terbakar itu saat ini sudah mencapai 40 persen pengerjaan untuk di jenjang SMP yang direncanakan akan digunakan untuk ujian sekolah pada 25 April 2022 mendatang. Soal tersebut dipesan dari 40 sekolah SMP yang ada di Kabupaten Buleleng. Sementara, untuk SD yang mencetak soal di percetakan miliknya dari 300 sekolah. Selain soal ujian sekolah, buku-buku siap jual yang ada di percetakan juga ikut ludes terbakar. Pihaknya pun berjanji akan bertanggung jawab terhadap soal ujian sekolah yang terbakar tersebut.

“Soft copynya masih ada. Saya jamin aman akan di cetak lagi, itu tanggung jawab kami. Banyak sekali yang terbakar, stok buku bahan ajar ada ribuan buku,”kata dia.

- Advertisement -

Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai lima ratus juta rupiah. Saat ini, kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Made Astika mengatakan ujian sekolah menurut jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2022 mendatang. Naskah yang dicetak di percetakan tersebut bukan merupakan naskah dinas. Naskah soal tersebut, adalah naskah soal itu merupakan naskah yang disusun guru dari masih-masing satuan pendidikan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), serta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah.

“Ujian sekolah itu diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Jadi tidak ada naskah resmi dari dinas. Itu kata karya guru-guru kita. Evaluasi dilakukan satuan pendidikan melalui guru mata pelajaran. Terkait dengan ini, naskah soalnya bukan dari Disdik,”jelasnya.

Astik menyebut, terkait naskah ujian sekolah yang dicetak di percetakan tersebut, merupakan inisiatif masing-masing sekolah yang mencetak soal ujiannya di percetakan tersebut. Terkait, terbakarnya soal ujian tersebut tidak akan menunda pelaksanaan ujian sekolah.

“Yang minta cetak disini masing-masing kepala satuan pendidikan. Yang jelas secara fisik naskah soal sudah ada di masing-masing satuan pendidikan, sudah ada softcopynya. Jadi tidak menunda pelaksanaan ujian sekolah. Tidak semua sekolah juga cetak disini. Ada juga yang cetak ditempat lain,” ucapnya.|YS| 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts