Jelang G20, Polisi Intensifkan Pengawasan Barang Jalur Laut

Singaraja, koranbuleleng.com| Polairud Polres Buleleng terus melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap kapal yang bersandar di pelabuhan yang ada di Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi adanya penyelundupan barang terlarang ke Buleleng, jelang Hari Raya Idul Fitri dan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan di Bali.

Kasat Polairud Polres Buleleng, AKP I Wayan Patra mengatakan pengamanan tersebut dilakukan setiap hari di setiap pelabuhan yang ada di Buleleng. Seperti Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sangsit Kecamatan Sawan, di Pelabuhan Celukan Bawang Kecamatan Gerokgak, Pelabuhan Kelurahan Kampung Tinggi Kecamatan Buleleng, serta di Labuan Lalang Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak. Masing-masing pelabuhan tersebut akan dijaga oleh lima personil dari Sat Polairud Polres Buleleng, dibantu petugas gabungan dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Perhubungan Buleleng serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP).

- Advertisement -

Parta menyebut, penjagaan dilakukan dengan memeriksa setiap barang bawaan sejumlah kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut. Barang bawaan kapal tersebut akan digeledah untuk memastikan barang yang dibawa kapal tersebut tidak ada barang terlarang di dalamnya.

“Sasarannya barang, jangan sampai ada indikasi bahan peledak lewat pelabuhan. Kita lakukan penjagaan itu selama 24 jam. Dengan menggunakan dua shift penjagaan. Ada yang bertugas mulai dari pukul 08.00 wita sampai 20.00 wita, kemudian akan diganti lagi oleh petugas lain yang berjaga mulai pukul 20.00 wita hingga pukul 08.00 wita,” jelasnya Jumat, 15 April 2022.

Kata Patra, penjagaan dan pemeriksaan itu akan terus dilakukan hingga perhelatan KTT G20 selesai. pihaknya juga telah menginstruksikan kepada nahkoda agar selalu mengecek barang yang dibawa dan tidak ikut dalam penyelundupan barang terlarang. 

“Jadi seluruh kapal yang bersandar akan kami cek. Penumpang dan barang bawaan yang dibawa kami cek. Bahkan jika diperlukan, kami akan menurunkan anjing pelacak,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts