Dishub Periksa Kelayakan Operasional Armada untuk Mudik Lebaran

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng melakukan Rump Check atau pemeriksaan angkutan untuk keselamatan mudik lebaran, Senin 18 April 2022. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesiapan prasarana dan sarana angkutan Lebaran aman serta memadai bagi pemudik.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan secara menyeluruh. Meliputi, dokumen, kondis fisik kendaraan dan fungsi dari panel-panel, lampu indikator, rem serta kapasitas tempat duduk.

- Advertisement -

Kepala Dishub Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, dalam rangka keselamatan kenyamanan dan mendukung program mudik tahun 2022 perlu dilakukan pengecekan kendaraan kembali. Meskipun kendaraan tersebut sudah di Uji Kir, namun pengecekan tetap dilakukan untuk memastikan kenyamanan para pemudik nantinya.

Jika saat  pengecekan ditemukan angkutan yang tidak sesuai standar, Dishub akan memberikan waktu untuk memperbaiki sehingga pada saat mengantar para pemudik kendaraan sudah dipastikan aman.

Misalnya ada komponen bus yang rusak seperti kaca pecah atau retak otomatis harus diganti. Mengingat keburukan sekecil apapun akan mempengaruhi performa kendaraan hingga berdampak pada keselamatan penumpang.

“Kita periksa secara teliti, diteliti baik melalui komputerisasi dan manual. Sehingga nanti akan kami berikan rekomendasi untuk para sopir tentang kelayakannya,” kata Gunawan.

- Advertisement -

Hari pertama Dishub memeriksakan tiga unit bus. Kedepan tidak menutup kemungkinan kendaraan angkutan lebaran yang diperiksa akan terus bertambah. Selain angkutan umum, pemilik mobil pribadi yang ingin mudik juga akan dilayani pemeriksaan kendaraan secara gratis di dishub Buleleng.

“Di singaraja sendiri, jumlah pasti bus angkutan mudik tidak diketahui pasti. Kita tidak cek jumlah pastinya, yang jelas pengecekan bisa dilakukan disini baik mobil pribadi atau angkutan mudik. Fasilitas dan SDM juga lengkap” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts