Tiga Sanggar Seni di Buleleng Ramaikan Panggung Gong Kebyar PKB Bali

Singaraja, koranbuleleng.com | Tiga sanggar seni di Buleleng akan meramaikan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke – 44 tahun 2022 pertengahan Juni-Juli mendatang.  Ketiga sanggar seni tersebut akan menampilkan gong kebyar anak-anak, dewasa, dan wanita.

Gong kebyar anak-anak diwakili Padepokan Seni Dwi Mekar dari Kelurahan Banyuning, gong kebyar dewasa diwakili Sanggar Seni Eka Wakya dari Kelurahan Paket Agung, dan untuk gong kebyar wanita diwakili Sanggar Wahana Santhi dari Desa Umajero.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kebudayaan kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika mengatakan meski masih situasi pandemi serta anggaran yang minim Kabupaten Buleleng siap menampilkan gong kebyar sebagai persembahan utama dalam gelaran tahunan yang mengambil tempat di Taman Budaya Bali (Art Centre) Denpasar.

“Seleksi sejak tahun 2021 dari lima yang ikut akhirnya terpilih tiga perwakilan ini. Kini sudah mulai dilakukan pembinaan terhadap ketiga sanggar seni ini sejak tanggal 22 April lalu,” ujarnya

Selain ikut dalam panggung gong kebyar, Kontingen Buleleng juga akan ikut dalam pawai seni bersama Deskranada Kabupaten Buleleng, dan Sekaa Angklung dari Desa Sari Mekar. Namun khusus untuk Sekaa Angklung dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Sementara uji coba penampilan dari sejumlah sanggar seni yang tidak ikut tampil di PKB, akan tampil di Taman Bung Karno.

- Advertisement -

“Kami sudah konfirmasi untuk melakukan ujicoba tampil di RTH Bung Karno, namun baru satu yang memberikan kepastian tampil yakni Sanggar Eka Wakya dan untuk yang lain masih dikoordinasikan,” tutupnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts