Sekolah Diminta Utamakan Jalur Zonasi dan Afirmasi

Singaraja, koranbuleleng.com │ Pemerintah minta panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Buleleng untuk mengutamakan penerimaan siswa tahun ajaran 2022/2023 dari jalur zonasi dan afirmasi.  Pemkab Buleleng memberikan catatan kuota penerimaan siswa baru untuk jalur zonasi sebanyak 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan tugas orangtua atau wali lima persen. Sementara sisanya untuk jalur prestasi apabila sekolah masih memiliki kuota.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata mengatakan kebijakan tersebut bertujuan agar semua peserta didik yang ada di wilayah tersebut bisa tertampung secara merata.

- Advertisement -

Jumlah siswa SD yang melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP diperkirakan sebanyak 11.963 orang. Sementara daya tampung SMP mulai dari sekolah swasta hingga negeri sebanyak 11.808 yang terbagi dalam 369 rombongan belajar (rombel).

“Daya tampung menggunakan standar Kemendikbud, masing-masing kelas diisi 32 siswa. Daya tampung SMP kami yakin memadai” katanya

Disdikpora juga sedang melakukan proses perubahan Perbup terkait pembagian zonasi. Sebab ada beberapa wilayah yang padat penduduk, seperti Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng. Di desa tersebut hanya ada satu sekolah. Untuk itu melalui Perbup nanti akan dioptimalkan menggunakan zona terdekat dengan Desa Baktiseraga.

Untuk saat ini, sepanjang daya tampung sekolah mencukupi, pembelajaran hanya 1 shift. Kalau tidak cukup, akan menerapkan dua shift pagi dan siang hari.

- Advertisement -

“Sekarang kan sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka, sehingga bisa disesuaikan. Ruang kelas lebih efisien, karena pembelajaran lebih inovatif ada pola belajar ke lapangan,” imbuhnya

Sekedar informasi, jadwal pendaftaran PPDB untuk SD dibuka mulai Senin 20 Juni 2022 – Sabtu 25 Juni 2022.

Untuk tingkat SMP, pendaftaran jalur zonasi dibuka pada Senin 20 Juni 2022 – Kamis 23 Juni 2022. Jalur afirmasi pada Kamis 23 Juni 2022, perpindahan tugas orang tua pada Kamis 23 juni 2022 – Jumat 24 juni 2022 dan jalur prestasi pada Senin 27 Juni 2022 – Selasa 28 Juni 2022. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts