Gerak Jalan Kocak dan 45 Kilometer Segera Ramaikan Hari Kemerdekaan RI

Singaraja, koranbuleleng com | Gerak jalan kocak dan 45 kilometer akan segera memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia di Buleleng. Lomba yang rutin digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini sempat vakum karena pandemi Covid19. Namun, karena angka kasusnya kini semakin melandai, sebagian besar warga Buleleng juga sudah mendapatkan vaksinasi booster, KONI Buleleng pun memutuskan untuk kembali menggelar lomba gerak jalan.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan Sekda Buleleng, Gede Suyasa dalam suatu kesempatan secara lisan telah memberikan izin untuk penyelenggaraan lomba ini. Satgas Covid19 secara tertulis juga telah mengeluarkan rekomendasi protokol kesehatan untuk penyelenggaraan lomba gerak jalan ini.

- Advertisement -

KONI Kabupaten Buleleng sebelumnya juga telah berkoordinasi dengan Kapolres Buleleng dan Dandim 1609/Buleleng terkait hal itu. Dua pucuk pimpinan penanggu gjawab keamana wilayah Buleleng ini juga mendukung kegiatan ini dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi booster bagi para peserta.

Secara umum, KONI Kabupaten Buleleng menggelar beberapa kategori gerak jalan. Diantaranya kategori 8 kilometer, 17 Kilometer, 45 Kilometer dan Gerak Jalan Kocak.

Tahap awal lomba gerak jalan akan dilaksanakan 8 Agustus 2022 untuk kategori 8 Kilometer tingkat SD (Putra dan Putri). Gerak jalan kategori 8 kilometer tingkat SMP putra dan putri digelar 9 Agustus 2022, lalu, gerak jalan kategori 17 kilometer dengan oeserta SMA/SMK, mahasiswa, umum, staf lembaga perkantoran dan karng taruna dilaksanakan 10 Agustus 2022.

Sementara gerak jalan kocak yang akan digelar sepanjang lima kilometer 11 Agustus 2022. Dan gerak jalan 45 kilometer dengan peserta dewasa putra mengambil start dari Desa Celukan Bawang pada 13 Agustus 2022 malam dan finish di Kota Singaraja pada 14 Agustus 2022 pagi.

- Advertisement -

Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng Wiratmaja menyebut sesuai dengan arahan dari Satgas Covid19 Buleleng untuk lomba di tingkat SD, peserta lomba wajib sudah menerima vaksin dua kali. Sementara, untuk di tingkat dewasa peserta diwajibkan sudah vaksin ketiga atau booster.

Selain itu, untuk pendaftaran gerak jalan tingkat umum juga dibedakan dari tahun sebelumnya. Yang dulunya peserta langsung datang ke KONI Buleleng, kini peserta bisa mendaftar secara online melalui Google Form yang akan dibuka mulai 11-28 Juli 2022.

“Perhelatan lomba gerak jalan ini kembali digelar setelah Koni Buleleng menerima surat izin dari Satgas Covid19 Buleleng. Sudah keluar surat izin dari satgas Covid19 Buleleng. Sehingga diputuskan melaksanakan kegiatan sesuai tradisi sebelumnya,” ujarnya.

Wiratmaja menambahkan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 800 juta. Dana tersebut bersumber dari dana hibah APBD Buleleng.

“Hadiah dari tahun ke tahun selalu meningkat, sebagai bentuk perhatian Bupati terhadap olahraga masyarakat di Buleleng,” katanya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts