Gedung PLUT Dibangun, Bupati Buleleng Ajak Pelaku UMKM Lebih Berinovasi  

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang berlokasi di area Kolam Nirmala Asri di Kelurahan Banyuning, Buleleng, Senin 6 Juni 2022.  PLUT akan menjadi sentra untuk pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro,Kecil dan Menengah)  Kabupaten Buleleng. 

Untuk itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Buleleng untuk terus berinovasi menciptakan dan memasarkan produk.

- Advertisement -

Agus Suradnyana mengatakan pembangunan Gedung PLUT di Kabupaten Buleleng menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI).   ”Dengan dibangunnya Gedung PLUT ini, saya mengajak seluruh pelaku UMKM yang ada di Buleleng untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat interaksi untuk menciptakan terobosan dan inovasi baru. Dimanfaatkan dengan baik agar tidak mubazir,” ujarnya.

Desain bangunan dibuat dengan memunculkan kearifan lokal Buleleng sehingga menarik minat masyarakat untuk datang. “Saya melihat keberhasilan sebuah desain bangunan akan menjadi pertimbangan utama dari sebuah aktivitas di dalamnya,” imbuh Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta menjelaskan PLUT sebagai ruang untuk memudahkan akses pelaku UMKM untuk mendapatkan pendampingan, pelatihan dan pembinaan. Sebanyak enam konsultan pendamping akan diusulkan ke pemerintah pusat. Itu untuk mengawal ketika pembangunan fisik selesai, SDM, pembiayaan dan program lainnya sudah bisa berjalan. “Sudah diarahkan Bapak Bupati, nanti akan ada ruang bukan hanya pameran, UMKM yang sudah dibina oleh PLUT inilah nanti menjadi UMKM sobean Buleleng. Masyarakat bisa beli produk yang sudah kami kurasi dari pendampingan di PLUT ini,” tutupnya. |ADV/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts