Desa Les Segera Punya Pusat Latihan Keterampilan Didik Warga Kurang Mampu

Singaraja, koranbuleleng.com | Amisewaka – Desa Les Community Center (DLCC) segera akan dibuka di Desa Les,. kecamatan Tejakula, Buleleng. Amisewaka – DLCC adalah pusat nirlaba yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kejuruan dan keterampilan hidup berkualitas tinggi bagi generasi muda dari keluarga berpenghasilan rendah dan tidak beruntung di Bali dan sekitarnya. Amisewaka akan berfokus untuk mempersonalisasikan perencanaan dan melakukan pendampingan bagi siswa, demi mencapai tujuan yang diharapkan.

Amisewaka – (DLCC) menawarkan program bagi siswa untuk menerima pendidikan vokasi komprehensif yang berfokus pada pelatihan seni kuliner dan layanan perhotelan, permakultur dan pertanian berkelanjutan, pelestarian budaya, dan Pendidikan Nilai-Nilai Hidup (Living Values Education atau LVE). Mahasiswa juga akan diajarkan pendidikan bisnis, termasuk bahasa Inggris, literasi komputer, kursus kewirausahaan, dan keterampilan hidup. Dengan keterampilan ini, mereka dapat memperkaya diri untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan lebih baik.

- Advertisement -

Amisewaka DLCC berfokus pada lima nilai inti: menghargai (Respect), kerja sama (Teamwork), tanggung jawab (Responsibility), ketenangan (Peace), dan keamanan (Safety/ Security). Pendidikan Nilai-Nilai Hidup akan menjadi dasar dan bagian penting dari pelatihan ini, yang menekankan nilai dan integritas setiap orang yang terlibat dalam memberikan pendidikan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Mengintegrasikan LVE ke dalam semua aspek kurikulum akan membuat Amisewaka DLCC menjadi menonjol. LVE menawarkan kesempatan untuk meningkatkan nilai diri dan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, LVE dapat mendukung seseorang untuk menjadi pemimpin dan pemain tim yang lebih baik. Kelas akan diadakan dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin.

Seni Kuliner dan Layanan Perhotelan

Di Amisewaka DLCC, seni kuliner dan produksi makanan menjadi fokus utama. Berfokus pada bahan-bahan lokal yang digunakan dengan cara tradisional dan inovatif, para siswa akan bekerja dengan koki tamu dari berbagai restoran di pulau Bali, di bawah bimbingan guru kuliner Amisewaka DLCC. Les sendiri adalah rumah bagi beberapa juru masak dan koki yang handal.

Amisewaka akan menampilkan pelatihan langsung profesional yang didukung oleh para ahli di industri kuliner. Akan ada dapur pelatihan bintang lima dan restoran 30 kursi di lokasi untuk pelatihan. Dapur dan restoran komersial dan modern ini akan beroperasi sebagai ruang kelas multifungsi dan praktik,, yang berfokus pada memberikan pelatihan terbaru dalam disiplin kuliner dan layanan.

- Advertisement -

Pemakultur dan Pertanian Berkelanjutan

Permakultur bertujuan untuk menciptakan metode penanaman pangan berkelanjutan, yang menjadi gerakan di seluruh dunia untuk mencakup semua aspek: bagaimana kita sebagai manusia dapat hidup secara harmonis dalam kaitannya dengan bumi dan sumber daya yang terbatas. Kebun permakultur di Amisewaka tidak hanya bertujuan sebagai lanskap, tetaou sekaligus penyedia hasil bumi yang digunakan di restoran bagi kelas memasak. Pendekatan holistik ini tidak hanya akan menawarkan keterampilan, tetapi juga akan meningkatkan kesadaran siswa dan komunitas mereka masing-masing tentang pentingnya menciptakan sistem pertanian yang berkelanjutan.

Pelestarian Budaya

Memanfaatkan fokus pemerintah Bali untuk mengembangkan industri kreatif dan melestarikan warisan budaya, Amisewaka DLCC akan turut mengajarkan warisan budaya, seperti tari tradisional Bali dan musik gamelan. Siswa harus mengambil kedua modul ini sebagai bagian dari pelatihan keseluruhan mereka. Tidak hanya akan memberi mereka rasa nilai diri budaya, tetapi juga memberi mereka keterampilan lain yang bisa menghasilkan bagi mereka.

Pendidikan dan Tata Niaga

Tahap berikutnya di Amisewaka DLCC adalah keterampilan kewirausahaan sosial bagi seluruh mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dari Amisewaka untuk mengembangkan usahanya.

Desa Les Desa berjarak tiga jam berkendara dari Denpasar dan memiliki jumlah warga sekitar 8.000 orang. Bali adalah salah satu dari 17.000 pulau di kepulauan Indonesia yang paling dikenal. Bali adalah pulau agraris di mana setidaknya 60% pekerja dipekerjakan di industri pariwisata. Sebagian besar kemakmuran Bali terkonsentrasi di bagian selatan, di mana perekonomiannya lebih didorong oleh pariwisata. Amisewaka – DLCC adalah proyek yang didanai oleh Amicorp Community Foundation (ACF).

Amisewaka – DLCC akan mengadakan acara pembukaan atau Grand Opening (khusus undangan), disusul oleh Pesta Rakyat “More For Les”, pada 18 Juli 2022. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts