Wisata Bawah Laut Giri Emas Sajikan Keindahan Frogfish

Singaraja, koranbuleleng.com| Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan memiliki potensi wisata alam bawah laut yang indah.  Salah satu keunikan yang berbeda adalah keberadaan ikan jenis Frogfish.  

Ikan ini mirip dengan kodok dan ditemukan di kedalaman sekitar 7 hingga 9 meter di bawah laut. Keunikan itu pun baru terungkap setelah Pemerintah Desa Giri Emas mengundang sejumlah penyelam dari Desa Bondalem, Pemuteran, dan Desa Gilimanuk untuk mengeksplor potensi bawah laut Desa setempat.

- Advertisement -

Hal ini dilakukan sebagai upaya dari Desa untuk pengembangan wisata baru. Terlebih lagi, para nelayan setempat mengungkapkan, ada sekitar tiga spot diving yang menyajikan potensi keindahan bawah laut yang berbeda dari wilayah lain.

“Kami dari pihak desa ingin terus mengeksplor pantai kami. Hal ini tentu peluang besar meningkatkan pendapatan asli desa (PAD),” jelas Perbekel Desa Giri Emas Wayan Saputra.

Saat ini, pihak Desa Giri Emas masih melakukan sejumlah persiapan untuk menunjang pengembangan wisata bawah laut. Beberapa diantaranya adalah rencana penyediaan fasilitas diving, dan penentuan titik atau zonasi penyelaman.

Selain itu, pihak Desa sudah menyediakan fasilitas kamar mandi serta sudah merencanakan untuk melakukan perekrutan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desanya untuk dilatih dan disertifikasi.

- Advertisement -

” Tahun 2023 kalau tidak ada Covid-19 lagi kita lengkapi semua termasuk sarana prasarana  dan juga SDM. Sekarang kita perlahan dulu,” kata Wayan Saputra. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts