Pokmaswas Banyumilir Kibarkan Merah Putih di Tengah laut

Singaraja, koranbuleleng.com │ Banyak cara masyarakat memperingat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Seperti Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Banyumilir, Desa Kalibukbuk, Buleleng.

Mereka mengisi hari kemerdekaan dengan kampanye pemulihan ekosistem laut dengan cara mengibarkan bendera merah putih di dasar laut tepatnya di Kawasan Lovina, Rabu 17 Agustus 2022.

- Advertisement -

Proses pengibaran bendera dilaksanakan pada kedalaman sepuluh meter dibawah laut dengan melibatkan enam orang penyelam. Adapun bendera yang dikibarkan berukuran sekitar 150X110 centimeter.

Pengelola Kawasan Wisata Bahari Banyumilir, Ketut Wiryadana mengatakan, tujuan pengibaran bendera di laut, selain itu memeriahkan hari kemerdekaan juga sebagai upaya untuk mengkampanyekan kepada masyarakat pentingnya menjaga ekosistem laut.

Pemulihan ekosistem bahari pun terus mereka lakukan melalui program-program yang telah rutin dilaksanakan seperti salah satunya penanaman terumbu karang dengan menggunakan beberapa metode.

“Sesuai dengan tema dari HUT RI ke-77 yakni ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Tentunya kita perlu lebih cepat bergerak memulihkan kembali alam kita sehingga dapat membangkitkan ekonomi nelayan,” katanya.

- Advertisement -

Ketut Wiryadana yang juga Ketua  Pokmaswas Banyumilir   berharap, dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat pesisir untuk memanfaatkan potensi wisata bahari serta merawat dan menjaga ekosistem di laut.   

“Nantinya apa yang kita kerjakan dapat membangkitkan ekonomi nelayan di wilayah pesisir,” katanya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts