72 Mahasiswa Baru Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Lalui Orientasi

Singaraja, koranbuleleng.com| 72 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa Bali, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menjalani masa orientasi sebelum secararesmi menjajal dunia akademik kampus.  52 orang dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan 20 orang dari prodi Bahasa Bali. 

Memasuki dunia perkuliahan, masa orientasi menjadi sebuah program wajib diikuti oleh sleuruh mahasiswa baru. Hal itu, dilakukan untuk mengenalkan aktivitas kampus .

- Advertisement -

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menggelar orientasi dalam tiga tingkatan. Mulai di tingkat universitas, fakultas, serta jurusan. Saat ini, masa orientasi sudah masuk ke tahap jurusan. 

Seperti di jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, yang ada dalam Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha, kini melakukan orientasi yang menjurus ke jurusan. 

Ketua jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Dr. I Wayan Artika mengatakan, orientasi ini dilakukan untuk mengenalkan kepada mahasiswa, lingkungan dimana dia akan menempuh ilmu. 

Di jurusan ini membawahi dua program studi (prodi) yakni, prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Bahasa Bali. Masaorientasi di jurusan kini dilakukan secara langsung atau diluar jaringan. Sebelumnya, selama dua kali, masa orientasi selalu dilakukan secara dalam jaringan untuk menghindari kerumunan.

- Advertisement -

“Sekarang sudah luring, jadi kita panggil para dosennya. Sehingga dia harus tau dosen, kurikulum, dan bagaimana proses belajar di Universitas. Ini lebih praktis. Ini semua rangkaian dari semua kegiatan yang dilakukan di Undiksha,” ujar Artika ditemui Sabtu, 20 Agustus 2022. 

Artika menambahkan, usai orientasi ini para mahasiswa akan kembali ke Universitas untuk melakukan penutupan masa orientasi. “Rangkaian orientasi dilakukan satu minggu. Untuk di jurusan dilakukan satu hari. Tahap terakhir disini, nanti untuk penutupan kembali ke Universitas,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts