Gerindra, Golkar dan Nasdem Ambisi Dongkrak Perolehan Kursi Pemilu 2024

Singaraja, koranbuleleng.com │ Sejumlah partai politik (parpol) di Buleleng mulai menyiapkan strategi untuk memenuhi ambisi perebutan kursi dalam pemilu tahun 2024. Verifikasi anggota parpol serta menyiapkan kader untuk tampil sebagai figur bakal calon legislatif (caleg) sudah dilakukan oleh partai politik.

Ketua DPC Gerindra Buleleng Gede Harja Astawa mengatakan, siap memenuhi target meningkatkan perolehan kursi pada pemilu legislatif 2024 mendatang. Pria dengan latarbelakang profesi pengacara ini mengaku telah melakukan pemetaan suara untuk mendongkrak perolehan kursi DPRD Buleleng.

- Advertisement -

Sejak ini, kader terbaik partai Gerindra juga sudah diberikan kesempatan untuk mendekatkan diri ke masyarakat, kemudian membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mendasar seperti kesehatan hingga melakukan pendampingan bantuan hukum.  Targetnya, Gerinda Buleleng menargetkan pada pemilu mendatang bisa meningkatkan jumlah Kursi di DPRD Buleleng menjadi 9 kursi di DPRD.

“Kita tidak muluk-muluk. Di  setiap kecamatan,  ada perwakilan di DPRD. Kita target 9 kursi dari sebelumnya 5 kursi. Mudah-mudahan, target itu bisa terpenuhi,” ujar Harja

Pada tahapan verifikasi keanggotaan partai, Partai Gerindra Buleleng pun mengaku sudah tidak ada  masalah. Dimana koordinasi yang dilakukan pihak KPU Buleleng cukup baik, sehingga terhadap keanggotaan yang sebelumnya terlihat ganda, kini sudah tidak ada masalah lagi.

Walaupun nantinya ada masalah lain, di Partai Gerindra akan terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu.

- Advertisement -

Selain persiapan penyiapan kader untuk pemilu legislatif di Buleleng, Gerindra juga berkomitmen  untuk mendukung dan memenangkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024 nanti.  

Sementara itu, DPD Partai Golkar Kabupaten Buleleng juga mengaku siap mewujudkan target 10 kursi pada di Pemilu 2024.  Untuk itu, partai ini sudah mulai melakukan kegiatan di internal partai guna mencapai target tersebut.  Termasuk memerintahkan para bakal calon legislatif untuk langsung terjun ke masyarakat.

Optimisme partai Golkar meraih minimal 10 kursi, karena melihat karakter masyarakat Buleleng ini cerdas dan cenderung memiliki wawasan yang luas. Sehingga dinamika perubahan politik bisa berubah kapan saja.

“Paling tidak meningkatkan pada pemilu sebelumnya. Melihat kinerja kader kita yang banyak bekerja keras, paling tidak 10 kursi. Kalau bisa lebih” kata Ketua DPD II Golkar Buleleng Ida Gede Komang Kresna Budi

Partai Golkar juga akan memberikan kesempatan yang sama kepada generasi muda, termasuk kader perempuan untuk maju sebagai pengurus dan bakal calon. Selain itu partai Golkar juga bekerja keras agar mampu mengeluarkan bakal calon Bupati.

“Ini tidak hanya persiapan Pileg saja, tapi juga ada Pilkada. Paling tidak golkar mampu mengeluarkan calon sendiri untuk kedepannya. Ini harapan kita”imbuhnya

Saat ini, seluruh anggota partai telah dilakukan verifikasi oleh komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Dari Golkar sendiri mengaku tidak terjadi hambatan. Menurut Kresna Budi, partai Golkar yang sudah memiliki nama besar tidak akan terkendala masalah verifikasi anggota partai.

Terpisah, DPC partai Nasdem Buleleng juga mulai menyiapkan kader untuk bisa meraih kursi di DPRD Buleleng.  Nasdem memiliki target minimal meraih 6 kursi di DPRD Buleleng, dimana sebelumnya meraih 5 kursi.

Pada pemilu sebelumnya, ada dapil yang satu kosong dari partai Nasdem yakni pada dapil Sukasada. Target minimal partai Nasdem pada pemilu mendatang adalah bisa mengisi kekosongan tersebut.

Namun partai Nasdem Buleleng menegaskan itu target minimal partai, untuk target maksimal bisa lebih dari itu. Mengingat ada isu ada penambahan dapil di Buleleng.

“Ada indikasi pemisahan dapil Seririt Gerokgak menjadi dua dapil. Ini akan kita garap dengan baik” kata Ketua DPD Partai NasDem Buleleng Made Suparjo

Selain itu, Nasdem juga akan memaksimalkan  kader Nasdem yang masih menjabat di DPRD sekarang. Pihaknya yakin bisa mempertahankan kursi tersebut  karena telah menunjukan kualitas yang baik.

“Jadi target minimal kita 6 kursi, namun kita tidak bicara minimal. Kita akan maksimalkan agar memenuhi target minimal 8 kursi.” imbuhnya

Selain menyiapkan calon di DPRD kabupaten, nasdem juga telah menyiapkan nama calon asli dari Buleleng untuk bertarung di DPR RI. Bahkan, calon kepala daerah untuk Buleleng baik untuk Bupati maupun wakil Bupati juga sudah disiapkan.

“Jadi yang terpenting untuk bisa memberikan hasil maksimal adalah kita fokus untuk menjaga agar di internal partai tetap kondusif. Karena bagaimanapun hebat partai, kalau di internal tidak kondusif tidak akan maksimal” tutup Suparjo. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts