Pemkab Buleleng Wujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengajak Tenaga Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) untuk bantu menyukseskan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) guna mewujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa saat membuka kegiatan Sosialisasi Program Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, di Ruang Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu 21 September 2022.

Program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat masih memiliki banyak ruang perbaikan. Hambatan dan kendala yang dihadapi, utamanya adalah aspek ketepatan sasaran penerima program. Ketepatan data tersebut dipengaruhi oleh ketersediaan data yang belum akurat.

Maka dari itu, pemerintah melaksanakan upaya terobosan untuk menciptakan data yang akurat dan valid sehingga mampu dijadikan dasar bagi program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Upaya untuk memiliki data yang lebih akurat, berusaha diwujudkan dengan program satu data. Program ini melibatkan berbagai kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, dan dilaksanakan oleh BPS melalui Regsosek tahun 2022. Kegiatan sosialisasi ini adalah wujud kita memberi kontribusi dalam mewujudkan satu data yang akurat dan valid

Sehingga program-program pemberdayaan sosial menjadi tepat sasaran. Saya berharap kepada semuanya, untuk memberikan informasi kepada masyarakat betapa pentingnya memberikan informasi yang benar dan jujur kepada petugas di lapangan.

Suyasa mengatakan data yang valid dan akurat sangat penting untuk mewujudkan perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan baik.

“Data yang lebih valid dan realistis akan sangat bermanfaat bagi kita ke depan. Mengambil kebijakan untuk menyelesaikan masalah kesejahteraan sosial, maupun ekonomi, maupun masalah pembangunan lainnya. Karena sumbernya dari database yang kuat,” tegas Suyasa. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts