Pendaftar Balon Rektor Undiksha Masih Sepi, Batas Pendaftaran Sisa 2 Hari

Singaraja, koranbuleleng.com│Pendaftaran bakal calon (Balon) rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja akan ditutup, Jumat 14 Oktober 2022. Namun hingga saat ini, belum juga ada yang melengkapi berkas pendaftaran sebagai calon rektor.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor, Prof Ida Bagus Arnyana mengatakan,  sesuai dengan regulasi harus ada empat orang dosen dengan pangkat lektor kepala yang boleh mendaftarkan diri sebagai bakal calon.

- Advertisement -

Jika pada waktu batas pendaftaran yang ditentukan kembali tidak memenuhi persyaratan akan dilakukan masa perpanjangan selama seminggu. Namun jika kembali masih belum memenuhi syarat, maka Senat Undiksha akan meminta petunjuk pada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud).

“Misalnya setelah perpanjangan itu hanya ada tiga orang yang melamar, maka Senat Undiksha akan melapor pada Mendikbud. Meminta petunjuk tentang proses selanjutnya” kata Bagus Arnyana selasa 11 Oktober 2022

Arnyana berharap, agar proses pemilihan rektor bisa berlangsung sesuai tahapan. Pihaknya pun optimis, dapat memenuhi minimal empat nama  bakal calon rektor sebelum waktu pendaftaran usai. Sehingga tidak perlu terjadi penundaan.

“Jadi kami masih menunggu sampai batas akhir pendaftaran sampai tanggal 14 oktober 2022 nanti,” terang dia.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Senat Undiksha, Prof I Nyoman Sudiana mengatakan, sesuai dengan regulasi memang harus ada empat orang yang mendaftar menjadi bakal calon. Namun bila tidak terpenuhi, pihaknya akan segera melaporkan ke Mendikbud.

“Kalau memang nanti tidak terpenuhi, kami minta petunjuk pada Menteri. Apa pun yang jadi keputusannya, kami siap melaksanakan,” singkatnya.

Untuk diketahui, Tahapan pemilihan rektor sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Senat Undiksha telah membentuk panitia pemilihan yang kemudian melakukan tahapan pemilihan dengan pendaftaran bakal calon rektor.

Proses pendaftaran telah dibuka pada 26 September lalu. Panitia pemilihan telah membuka pendaftaran untuk pihak eksternal. Selain dosen di internal kampus, dosen pada perguruan tinggi lain yang telah berstatus Badan Layanan Umum dan Berbadan Hukum, dapat melakukan pendaftaran.

Sementara itu, Rektor Undiksha, Prof I Nyoman Jampel akan berakhir masa jabatannya pada 13 April 2023 mendatang. Prof I Nyoman Jampel sendiri telah menjabat Rektor Undiksha selama dua periode, yakni periode 2015-2019 dan periode 2019-2023. Karena sudah dua periode, Jampel tak bisa maju lagi. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts