Mahasiswa Mpu Kuturan Lakukan Upaya Konservasi Mata Air di Munduk

Singaraja, koranbuleleng.com| Mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja melaksanakan penanaman pohon di beberapa titik di Desa Munduk, Kecamatan Banjar Jumat, 14 Oktober 2022. Kegiatan ini sebagai upaya wujud konservasi air di Desa setempat.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Munduk, Kecamatan Banjar. Beberapa jenis pohon yang ditanam adalah cempaka, pikus, alpukat, sawo dan beringin. Penanaman pohon dilaksanakan disalah satu sumber mata air yang ada di Dusun Tamblingan, Desa Munduk.

- Advertisement -

Koordinator Mahasiswa KKN STAHN Mpu Kuturan di Desa Munduk, Komang Pitriani menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan dengan pihak Aparat Desa, Desa Munduk tercatat memiliki 19 Sumber Mata Air yang selama ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga sebagai penunjang dari kehidupan masyarakat Desa setempat, baik itu untuk pertanian dan juga untuk sector pariwisata.

“Maka dari itu, penanaman pohon ini adalah upaya kami untuk mendukung Desa dalam menjaga sumber-sumber mata air,” jelasnya.

Pitriani menambahkan, pohon-pohon yang ditanam adalah jenis pohon yang bisa berfungsi sebagai pelindung air, dan juga merupakan jenis tanaman konservasi air yang dapat menyimpan dan mendekatkan air ke permukaan tanah.

“Jenis-jenis pohon yang kami tanam itu sebelumnya sudah kami komunikasikan dengan pihak desa. Jenis apa saja yang bisa ditanam. Setelah itu barulah kita bergerak untuk melakukan penanaman. Kami senang karena program kami sangat disambut oleh masyarakat disini,” ujarnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts