Anggota FIDAF, Santhi Budaya Unjuk Mampu di Thailand International Folklore Festival

Singaraja, koranbuleleng.com │ Sanggar Seni Santhi Budaya mewakili Indonesia sebagai bintang tamu dalam even Thailand International Folklore Festival 2022. Dalam kesempatan ini Sanggar Santhi Budaya membawa 11 personil penari anak-anak rentang umur 13 tahun yang kualitasnya tidak kalah dengan orang dewasa.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan, Kabupaten Buleleng, Wayan Sujana mengatakan, Sanggar Santhi Budaya merupakan satu-satunya sanggar yang menjadi anggota Federasi of International Dance Art Festival  (FIDAF) di bawah naungan PBB.

- Advertisement -

Sanggar yang menjadi anggota FIDAF di bawah naungan The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) PBB mempunyai kewajiban untuk mengikuti setiap acara yang digelar FIDAF di seluruh dunia.

“Kami hanya memberi dukungan moril, motivasi dan memfasilitasi secara administrasi tanpa finansial,”ungkapnya.

Dinas kebudayaan mendorong sanggar lainnya untuk ikut dalam ajang nasional maupun internasional. Pihaknya akan memberikan motivasi dan pembinaan agar tetap produktif dalam berkarya.

”Syarat mengikuti event-event nasional dan internasional harus memiliki komitmen dan konsistensi untuk pembinaan anak didiknya pada sanggar itu. Bahkan UNESCO bisa memberi bantuan jika anggotanya konsisten dalam berkarya”imbuhnya

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Sanggar Seni Santhi Budaya I Gusti Ngurah Eka Prasetya mengatakan, Sanggar Santhi Budaya tampil di Thailand karena sebelumnya memperoleh juara 2 dalam kompetisi koreografi di Cheonan Korea Selatan.

Pada gelaran Thailand International Folklore Festival sebagai upaya promosi kegiatan kesenian. Selain itu, acara ini sebagai ajang pertukaran seni budaya di kancah internasional.

“Selain menunjukkan pentas seni tari Bali juga ikut terlibat dalam deklarasi perdamaian dunia, seminar dan pertukaran budaya”katanya

Diharapkan dengan acara ini akan menambah pengalaman bagi anak-anak sanggra serta mengetahui kehidupan sosial budaya, serta menempa kemampuan teknis.

“Selain itu sebagai misi promosi Buleleng, Bali dan Indonesia pasca Covid-19 dan pra penyelenggaraan KTT G20 di Bali,”tambahnya.

Untuk diketahui  pelaksanaan Thailand International Folklore Festival 2022 diselenggarakan di Provinsi Surin-Thailand dari tanggal, 2 hingga 9 Nopember 2022. Sanggar Santhi Budaya akan membawakan tarian Mandara Giri dan Kepet Tagel. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts