Aksara Bali Kini Bisa Digunakan di Seluler

Singaraja, koranbuleleng.com|Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali, luncurkan 9 font tulisan aksara Bali. Font tersebut sudah bisa digunakan gratis melalui perangkat seluler maupun laptop.

Koordinator Penyuluh Bahasa Bali I Wayan Suarmaja mengatakan, pembuatan font ini sudah disusun oleh penyuluh Bahasa Bali di Provinsi Bali, sejak tahun 2021 lalu, hingga diluncurkan Rabu, 28 Desember 2022.

- Advertisement -

Untuk menggunakan font aksara Bali ini, sangat mudah. Dimana pengguna bisa langsung menggunakan font penyuluh Bahasa Bali ini, dapat di download di fans page penyuluh bahasa Bali kabupaten/kota dan chanel Penyuluh Bahasa Bali.

“Nanti untuk cara menginstal di Microsoft Word dan google doc, akan segera kita upload pada channel youtube kita,” ujarnya.

Suarmaja menyebut, nantinya dalam mendownload font tersebut juga masyarakat harus menyiapkan keyman dan file yang penyuluh bahasa Bali. Keyman tersebut sama halnya seperti yang digunakan dalam Bali Simbar. Sehingga, dengan peluncuran 9 font ini diharapkan bisa meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap bahasa Bali.

“Jangan malu menggunakan bahasa, aksara dan sastra Bali, jika tidak kita siapa lagi? Bahasa, Aksara dan Sastra Bali tidak kuno, Bahasa Bali Keren,” ujarnya.

- Advertisement -

Selain meluncurkan font bahasa Bali, untuk meningkatkan kecintaan generasi muda. Penyuluh Bahasa Bali juga membentuk kelompok belajar, dimana saat ini ada 38.200 kelompok belajar yang tersebar di seluruh Bali. Selain itu, juga melakukan alih aksara terhadap 15 cakep lontar, dengan kalsifikasi diantaranya adalah Usada, tutur, wariga, geguritan, dan kanda. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts