Mahasiswa Seni Rupa Gelar Pameran Seni, Salah satunya Ada Karya dari Masker Bekas

Singaraja, korabuleleng.com │ Sebanyak 20 orang Mahasiswa Seni Rupa (Gamasera) angkatan tahun 2019 menggelar pameran seni mulai tanggal 9-30 Januari 2023 di Galeri Paduraksa Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha.

Pameran kali ini mengangkat tema Exposition. Yakni memberi gambar latar belakang fenomena atau kejadian yang terjadi saat ini di masyarakat.

- Advertisement -

Ketua Panitia Pameran Seni, Romi Hartono mengatakan, dalam pameran kali ini menghadirkan karya-karya terbaru dan mempunyai makna tersendiri.

“Tidak hanya berkarya, namun juga berkonsep,” ucapnya

Salah satu kurator, Gede Suardika mengatakan, para mahasiswa yang ikut dalam pameran seni ini, menampilkan karya sesuai dengan studi khusus mereka. Tercatat ada sekitar 60 karya yang dipamerkan yang terbagi atas seni grafis, seni lukis, seni patung, kriya tekstil, kriya keramik, kriya kayu, prasimologi, intermedia, dan desain komunikasi visual.

“Akan ada berbagai kegiatan workshop seputar seni, seperti workshop linocut, prasi, batik, dan ukir kayu. Sehingga pameran ini diharapkan dapat merangsang semangat generasi muda untuk mencintai seni dan budaya Indonesia yang beragam” katanya

- Advertisement -

Salah satu mahasiswa seni rupa, Nova Erlina membuat karya seni dengan menggunakan ratusan masker bekas. Ratusan masker ini disusun kemudian membentuk karya seni. Karya dari masker tersebut membentuk sebuah bayangan ketika diberi pencahayaan.

Memilih masker bekas sebagai karya seni merupakan ide Erlina untuk mengurangi jumlah sampah masker bekas yang semakin banyak dijumpai. Dengan begitu, barang yang sudah tidak bisa digunakan masih bisa diolah menjadi karya seni.

“Masker bekas ini kan sangat banyak kita jumpai. Ya saya manfaatkan saja untuk dijadikan karya seni. Harapannya ini menjadi awal, agar masker-masker bekas yang masih banyak, bisa dimanfaatkan lagi” ungkapnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts