APHB Berikan Sejumlah Bantuan Untuk Atasi Kemiskinan

Singaraja, koranbuleleng.com| Pengurus Pusat Aliansi Pemuda Hindu Bali (PP APHB) gelar program Sewanam kepada masyarakat Desa Tukadmungga, Kecamatan/ Kabupaten Buleleng, Sabtu, 21 Januari 2023. Program uluran tangan yang menyasar keluarga kurang mampu, wanita rawan sosial, lansia, dan anak yatim piatu ini merupakan implementasi dari ajaran Hindu Tri Hita Karana.

Selain bersinergi dengan Pengurus Kabupaten Aliansi Pemuda Hindu Bali Buleleng, program tersebut juga menggandeng Acarya Media Nusantara dan MPR RI/ DPD Provinsi Bali B-66 Mangku Pastika.

- Advertisement -

Ketua PP APHB Gde Wikan Pradnya Dana mengatakan, kegiatan Dharma Sewanam ini bukti konkrit dalam mengaktualisasikan ajaran Hindu ‘Tri Hita Karana” utamanya adalah Pawongan. Dimana, sebagai masyarakat harus menjaga harmonisasi dengan sesama. Hal ini, sesuai dengan kebudayaan masyarakat Bali yang disebut paras paros sarpanaya dan saling asah asih asuh dalam berkehidupan sosial masyarakat di Bali.

Wikan menyebut, saat ini permasalahan yang dihadapi masyarakat Bali sangat kompleks diantaranya kemiskinan, kesehatan, infrastruktur, dan masalah sosial lainnya. Dimana, dari data akibat pandemi Covid-19 kemiskinan di Bali meningkat. Namun, pasca pendemi masyarakat kini mulai berusaha bangkit dari keterpurukan.

“Untuk menangani peningkatan kemiskinan di Bali, organisasi pemuda harus berkolaborasi, swasta, dan pemerintah. Sebagaimana kami saat ini berkolaborasi dengan beberapa organisasi yaitu Acarya Media Nusantara, PK APHB Buleleng dengan salah satu tokoh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Perwakilan Bali,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Putu Eka Sura Adnyana mengatakan program Dharma Sewana ini merupakan rangkaian kegiatan Bhaskara Budaya yaitu Basa, Sastra lan Aksara Nguripin Budaya Bali, yang akan dilaksanakan pada Minggu, 29 Januari 2023. Dimana program ini untuk memberikan bantuan kepada sesama, berbagi bersama, saling merasakan, dalam cinta kasih sesama menyama braya.

- Advertisement -

“Sevana merupakan bhakti dengan jalan berlindung dan penyerahan diri secara tulus ikhlas kepada Tuhan. Memberikan pelayanan dari masing-masing pribadi yang terbaik kepada sesama manusia,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts