Bencana Longsor Robohkan Bangunan Milik Warga

Singaraja, koranbuleleng.com │ Hujan deras yang melanda wilayah Buleleng pada Kamis 2 Februari 2023 malam menyebabkan bencana longsor di sejumlah titik. Sebuah senderan rumah Banjar Dinas Lakah, Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, jebol.

Selain itu, longsor menimpa empat unit bangunan rumah warga di Banjar Dinas Kawanan, Desa Petandakan, Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, kejadian longsor di Desa Sidetapa terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 23.00 Wita. Tanah longsor menimpa tembok senderan rumah warga bernama Putu Laba.

“Kerugian diperkirakan sepuluh juta rupiah,” katanya.

Longsor juga menggerus tembok penyengker empat rumah di Desa Petandakan. Senderan rumah warga bernama Santia setinggi 4 meter dan panjang 20 meter jebol. Kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta. Lalu tembok senderan rumah warga bernama Made Sukerta sepanjang 15 meter jebol digerus longsor. Kerugian ditaksir mencapai Rp15 juta.

Dua rumah lainnya di Desa Petandakan yang mengalami kerusakan yakni rumah milik Wayan Santia dan Kadek Kari Askuniawan. Akibat hujan deras, senderan rumah Wayan Santia jebol hingga menimpa tembok dan dapur rumah Kadek Kari Askuniawan sepanjang 15 meter dan tinggi 2 meter. Kerugian yang diakibatkan sekitar Rp15 juta. Material tembok yang jebol juga sempat menutup saluran air Subak Lawas Desa Petandakan.

- Advertisement -

“Kejadian dilaporkan ke kami dan petugas kami sudah lakukan asesmen. Penyebab longsor karena hujan deras yang terjadi semalam. Tidak ada korban jiwa hanya kerusakan materiil,” imbuh Ariadi.

Bencana longsor juga terjadi Banjar Dinas Kanginan, Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan. Hujan deras mengakibatkan senderan jalan jebol setinggi 8 meter dan lebar 7 meter sehingga menutup akses jalan ke rumah warga.

Sementara itu, Komunitas English Corner Sidetapa memberikan bantuan berupa sembako pada korban yang rumahnya tergerus longsor di Banjar Dinas Lakah, Desa Sidetapa, Banjar.

“Kami berharap bantuan ini sedikit tidaknya ikut membantu meringankan korban bencana,” kata Ketua Komunitas English Corner Sidetapa, Komang Rena. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts