Kapal Persiar Asal Norwegia Bawa 647 Wisatawan Kunjungi Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Kapal Pesiar Seven Seas Explorer membawa 647 wisatawan dan berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Selasa, 14 Februari 2023 pagi.

Kapal pesiar asala Norwegia tersebut, memiliki panjang LOA, 225 meter, dengan membawa sebanyak 647 orang penumpang dan 530 orang kru. Selama transit di Buleleng, sejumlah wisatawan berkeliling menuju beberapa obyek wisata.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, dari total penumpang tersebut, sebanyak 410 diantaranya mengikuti tour ke beberapa destinasi wisata di Buleleng.

Tempat wisata yang dikunjungi, diantaranya Terasering Kekeran, Brahma Vihara Arama, Pak Oles, Banjar Hot Springs, Klenteng Ling Gwan Kiong, Pura Beji Sangsit, Monumen Perang Jagaraga, Puri Buleleng, Gedong Kirtya dan Pasar Anyar.

Dody menyebut, kebanyakan dari wisatawan yang dibawa kapal tersebut merupakan lansia. Sehingga, mereka cenderung suka dengan sejarah, dan alam. “Cenderung para wisatawan lansia, suka culture dan nature. Bagaimana budaya dan bagaimana alam. Kita memiliki keunggulan sejarah. Sejarah masa kolonial banyak peninggalan seperti gedong kertia. Kerajaan puri dan kelenteng. Ketertarikan mereka pada culture,” ujarnya.

Saat ini, kata Dody, fasilitas Pelabuhan Celukan Bawang masih cukup kurang seperti halnya toilet yang tersedia hanya enam toilet. Hal itu dirasa masih sangat kurang jika dibandingkan dari jumlah wisatawan kapal pesiar yang mencapai ratusan penumpang.

- Advertisement -

“Kalau saya lihat fasilitas masih sangat kurang seperti toilet yang ada cuma enam toilet hal itu bila dibandingkan dengan jumlah kru dan penumpang kapal pesiar sangat kewalahan. Bahkan kami juga sudah menyarankan kepada Pelindo agar melakukan penambahan terhadap fasilitas yang masih kurang,” kata dia.

Terkait keamanan wisatawan, pihaknya memberikan jaminan. Wisatawan yang turun ke pelabuhan tak lagi terganggu dengan pedagang asongan. Dody menyebut, sepanjang bulan Februari 2023 ini akan ada beberapa kapal pesiar lainnya yang diagendakan bersandar Pelabuhan Celukan Bawang. Para wisatawan penumpang kapal pesiar itu juga akan mampir melakukan kunjungan wisata ke beberapa destinasi di Buleleng.

“Kapal pesiar yang dagang bukan sekarang saja, bahkan dari jadwal yakni tanggal 19, 23 dan 27 Februari hingga tanggal 1 Maret akan kedatangan kapal pesiar seperti ini,” ucapnya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts