BKN RI Apresiasi Layanan SI-ASN Kabupaten Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Plt. Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memberi apresiasi kepada Pemerintah kabupaten Buleleng telah menerapkan layanan kenaikan pangkat pegawai secara digital.

Layanan ini merupakan yang pertama di Indonesia dan di Bali. Proses layanan kenaikan pangkat pegawai secara digital dilakukan Buleleng melalui BKPSDM menggunakan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI-ASN) dengan progres 100 persen dari usulan dan telah diterima oleh pegawai.

- Advertisement -

“Mudah-mudahan Buleleng dapat menyemangati kabupaten se-Bali untuk bisa mempercepat proses digitalisasi, proses bisnis yang mereka lakukan” kata Bima Haria usai berkunjung ke Buleleng, Senin 20 Februari 2023.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, kedepanya semua proses administrasi pemerintahan di tiap kabupaten harus beralih ke digital.  Pemerintah mendorong setiap OPD di Bali untuk selalu tanggap terhadap teknologi. Proses digitalisasi, akan mempersingkat waktu serta mempermudah pelayanan.

“Tak hanya surat menyurat, SK, Piagam Penghargaan juga bisa menggunakan tandatangan digital. Perijinan juga begitu. apalagi sudah ada OSS. Ini memudahkan pegawai,” ucapnya.

Disisi lain, Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengatakan, pandemi Covid19 mendorong Buleleng menuju arah digital dalam memberikan percepatan layanan.

- Advertisement -

Pola trasformasi ekonomi itu membutuhkan perubahan pola pikir ASN. Dan Buleleng sudah mengarah pada perubahan pola dan sistem kerja. Salah satunya dalam konteks tata kelola di bidang kepegawaian yang sudah menggunakan sistem digital. 

“Ada beberapa hal positif yang kita dapatkan, yang pertama buktinya jelas, prosesnya transparan, kecepatan layanan, dan ketelitian,” tegas Lihadnyana. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts